Gubernur Sulsel Minta Perusahaan Fintech Diatur dan Diawasi

Kamis, 17 Maret 2022 - 19:59 WIB
loading...
Gubernur Sulsel Minta Perusahaan Fintech Diatur dan Diawasi
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulsel, Kamis (17/3/2022). Foto: Dok Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman , menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulsel, Kamis (17/3/2022). Pada kesempatan itu, Gubernur Sudirman membahas banyak hal, mulai dari UMKM hingga fintech.

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel menyampaikan, sejalan dengan nasional, ekonomi Sulsel mengalami pertumbuhan membaik dan lebih tinggi dibandingkan dengan capaian nasional. Dari sisi permintaan, pertumbuhan di triwulan IV 2021 didorong oleh peningkatan konsumsi RT, investasi dan ekspor. Pertumbuhan ekonomi Sulsel 7,89 persen dan Nasional 5,02 persen.



Pada 2021, ekonomi Sulsel disebut berhasil keluar dari kontraksi dan masih konsisten berada di atas tingkat pertumbuhan nasional. Ekonomi Sulsel tumbuh 4,65 persen pada 2021 dari sebelumnya -0,71 persen.

Gubernur Sudirman menyampaikan, peningkatan ekonomi di Sulsel juga terjadi pada jumlah UMKM, yang juga merupakan sebagai salah satu penopang ekonomi daerah.

"Dalam 2 tahun meningkat dari 900 ribu jadi 1,5 juta UMKM terdaftar, jika 1 UMKM dengan 2 tenaga kerja, maka ada 3 juta orang bekerja pada sektor ini. Ini jumlah yang sangat besar menopang perekonomian masyarakat," kata Gubernur Sudirman.

Ia juga mendorong agar Sulsel dapat memacu kemandirian desa melalui BUMDes, perhatian perlu pada sektor ekonomi yang banyak bermanfaat bagi masyarakat seperti pertanian dan perikanan. "Demikian juga UMKM di desa sebab banyak petani dan nelayan yang juga berkecimpung di UMKM," sebutnya.



Bukan hanya itu, Gubernur Sulsel juga meminta OJK agar memberikan perhatian, dengan mengawasi dan mengatur fintech (financial technology) yang memang membutuhkan pengawasan ketat. Sehingga masyarakat tidak menjadi korban fintect ilegal.

Adapun Total PDRB Sulsel triwulan IV 2021 sebesar Rp142,06 triliun dengan kredit perbankan posisi Desember 2021 sebesar Rp129,4 triliun, lapangan usaha (LU) perdagangan, LU pertanian dan LU pengolahan menjadi pendorong utama akselarasi pertumbuhan TW 4 sehingga dapat tumbuh positif. Dilihat dari sisi pengeluaran, ekonomi Sulsel didorong oleh investasi dan konsumsi RT serta ekspor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)