TPA Overload, Pemkab Maros Kucurkan Dana Rp2 Miliar untuk Perluasan

Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:04 WIB
loading...
TPA Overload, Pemkab Maros Kucurkan Dana Rp2 Miliar untuk Perluasan
Alat berat beroperasi di TPA Tamangapa Antang. Sementara itu di Kabupaten Maros, pemerintah setempat tengah mengupayakan perluasan lahan TPA. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Kondisi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di Bonto Ramba milik Pemkab Maros saat ini telah melebihi kapasitas alias overload. Tumpukan sampah di TPA Bontoramba tampak sudah menggunung dan butuh perluasan.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam, mengatakan saat ini kondisi TPA memang sangat butuh perhatian.



"Kemarin kita sempat melakukan peninjauan ke lokasi pembuangan sampah. Memang TPA kita sudah sangat crowded dan overload. Hal itu terlihat dari banyaknya sampah yang mulai menggunung," ungkap dia, Jumat (18/3/2022).

Chaidir menjelaskan pemerintah berencana akan melakukan perluasan area TPA. Untuk itu, pihaknya menganggarkan perluasan atau penambahan lahan area TPA.

"Kita sudah memasukkan perencanaan anggarannya sebesar Rp1-2 miliar. Karena kita akan menambah area TPA sekitar 1 hektare lagi,” ungkap dia.

Orang nomor satu di Maros itu berharap perluasan TPA segera direalisasikan dan dirampungkan. Dengan begitu, pihaknya dapat mulai memperbaiki TPA secara fisik.

Mantan Ketua DPRD Maros itu menilai saat ini sampah merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Makanya berbagai cara pun ditempuh agar persoalan sampah di Maros bisa dikelola dengan baik.

"Kita ingin mengubah cara berpikir masyarakat. Dulu prinsip masyarakat, dikumpulkan lalu dibuang, sekarang kita akan sosialisasikan agar sampah tersebut dapat diolah atau didaur ulang,” ungkap dia.

Sekadar diketahui, Pemkab Maros dan Parametrik Pilar Utama telah meneken nota kesepahaman perihal pengelolaan sampah, beberapa waktu lalu. Nantinya pengelolaan sampah akan menempuh alur baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5045 seconds (0.1#10.140)