Rutan Watansoppeng Raih Kinerja Anggaran Terbaik dari KPPN Watampone

Jum'at, 18 Maret 2022 - 15:05 WIB
loading...
Rutan Watansoppeng Raih Kinerja Anggaran Terbaik dari KPPN Watampone
Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Watansoppeng terima penghargaan Terbaik Pertama Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun 2021. Foto: Ilustrasi
A A A
SOPPENG - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Watansoppeng terima penghargaan Terbaik Pertama Kinerja Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun 2021, untuk kategori Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Rp2-7 Miliar dengan nilai 99,96 Persen dari Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Watampone.

Kepala Rutan Watansoppeng, Rusdi menyampaikan, kepastian penghargaan tersebut diumumkan secara virtual pada Kegiatan IKPA 2021 Awards yang diselenggarakan KPPN Watampone dengan Penilaian IKPA Tahun Anggaran 2021.



“Untuk terbaik kedua diperoleh Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara Watampone dan ketiga Madrasah Aliyah Negeri 2 Soppeng,” ujar Rusdi, dalam keterangan resminya, diterima Jumat, (18/09/2022).

Rusdi menambahkan, pihaknya telah menerima penghargaan kinerja anggaran dua kali berturut, dari tahun 2020 sampai tahun 2021.

Menurut Rusdi, ada 13 indikator yang dinilai, yakni penyerapan anggaran, data kontrak, penyelesaian tagihan, capaian output, pengelolahan UP dan TUP, Revisi DIPA, Deviasi Halaman III DIPA, LPJ bendahara, Renkas, Kesalahan SPM, Retur SP2D, Pagu Minus, dan Dispensasi SPM

Indikator tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga (K/L), menjamin pencapaian output pelaksanaan anggaran K/L yang optimal, mewujudkan pengelolaan APBN yang kredibel, dan membangun ketersediaan ruang fiskal yang memadai bagi pendanaan program-program prioritas pemerintah.

Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Liberti Sitinjak mengapresiasi kinerja Rutan Watansoppeng. “Kinerja ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Penghargaan yang diperoleh dapat memotivasi UPT lainnya. Semua Satker dibawah Kemenkumham selalu diminta agar mengelola anggaran secara transparan, profesional dan akuntabel,” kata Kakanwil.



Pada tahun 2021 lalu, beberapa satker juga dapat piagam yang sama dari KPPN setempat yakni Rutan Sidrap, Rutan Sinjai, Rutan Masamba, Lapas Watampone dan Rutan Makale. Terbaru, Lapas Bulukumba dan Kanwil kemenkumham Sulsel juga meraih kinerja anggaran terbaik II dari KPPN setempat.

Untuk diketahui, IKPA adalah indikator yang penetapannya oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)