Pemprov Sulsel Siap Gelar Pasar Murah Jelang Ramadan dan Sebelum Lebaran

Sabtu, 19 Maret 2022 - 07:18 WIB
loading...
Pemprov Sulsel Siap Gelar Pasar Murah Jelang Ramadan dan Sebelum Lebaran
Pemprov Sulsel akan menggalakkan pelaksanaan pasar pangan murah menjelang Ramadan dan sebelum Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) siap menggelar pasar pangan murah menjelang Ramadan dan sebelum Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan oleh berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel.

"Saya dengan Dinas Ketahanan Pangan kabupaten/kota memang akan melakukan gelar pangan murah di enam kabupaten secara serentak. Ini untuk menjawab bahwa ketersediaan pangan itu ada," kata Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Kemal Redindo Putra, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga: Pemprov Sulsel Berkomitmen Tingkatkan Kelas Seluruh UMKM

Ia mengaku segera melaporkan rencana ini kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. "Nanti insya Allah setelah saya melapor kepada gubernur, tanggal 30, 31 Maret dan 1 April ini akan kita gelar pangan murah untuk menjawab ketersediaan itu," tuturnya.

Kemal menjabarkan pasar pangan murah akan terbagi enam zona yang tersebar di seluruh Sulsel. Zona Makassar, meliputi Makassar, Gowa, Maros, Pangkep dan Takalar. Zona Selatan yaitu Bulukumba mewakili Selayar, Jeneponto, Bantaeng.

Selanjutnya Zona Bosowasi yang akan digelar di Bone mewakili Soppeng, Wajo dan Sinjai. Sedangkan zona Ajatappareng terdiri dari Parepare, mewakili Sidrap, Barru dan Pinrang. Zona Toraja digelar di Tana Toraja diwakili oleh Enrekang, Toraja Utara, dan Tana Toraja. Kemudian Zona Luwu Raya akan digelar di Luwu untuk mewakili Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur.

"Ini sudah dikoordinasikan, sisa menunggu persetujuan gubernur sehingga ini akan dilakukan sebelum Ramadhan dan sebelum lebaran," kata Kemal.

Kegiatan yang rencananya digelar serentak selama tiga hari itu akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian. Bahkan dijadwalkan akan ada penyerahan bantuan pangan.

"Dengan adanya gelaran pangan murah yang akan diadakan serentak dan dilakukan secara virtual dibuka oleh gubernur, maka ini adalah salah satu jawaban terkait ketersediaan pangan kita di Sulawesi Selatan bahwa kita cukup," urai Kemal menegaskan.



Selain itu, Dinas Perdagangan Sulsel juga telah merencanakan akan menggelar pasar murah di empat kabupaten/kota selama Ramadhan. Namun, Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, belum bisa menyebut tempat digelarnya pasar murah.

"Pasar murah di empat kabupaten tapi belum ditentukan tempatnya. Ini untuk menjaga stabilitas pangan, jadi tempatnya itu kita pilih dari wilayah dengan tingkat kemiskinan tertinggi lalu minta arahan pak Gubernur," ujar Ashari.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)