alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rekaman CCTV di War Room Milik Pemkot Makassar Awet Hingga 5 Tahun

Vivi Riski Indriani
Rekaman CCTV di War Room Milik Pemkot Makassar Awet Hingga 5 Tahun
War Room Milik Pemkot Makassar yang terintegrasi dengan pemasangan CCTV. Foto : Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Kamera perekam atau Closed-circuit television (CCTV) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang terpasang diseluruh objek vital kota, ternyata hanya mampu menyimpan rekaman dalam kurun waktu lima tahun.

Hanya saja, hasil rekaman CCTV yang dianggap tidak memiliki manfaat retensinya dibatasi, hanya mampu disimpan hingga sembilan hari saja.

Kepala UPTD War Room, Yamlikh AZ mengakui kapasitas penyimpanan rekaman CCTV memang bisa sampai lima tahun. Namun, cara itu dinilai tidak efektif.



"Sebenarnya, rekaman CCTV disini bisa disimpan sampai lima tahun. Cuma untuk apa kita simpan data sebesar itu, kalau tidak ada manfaatnya. Jadi kita batasi retensinya cuma sampai sembilan hari, kalau lewat dari itu akan terhapus secara otomatis," jelas Yamlikh.

Meski menjadi salah satu fasilitas vital, dia mengaku tetap melayani permintaan rekaman CCTV dari masyarakat. Hanya saja, harus sesuai prosedur dengan mengikutsertakan surat laporan kepolisian.

Makanya itu, dia mengimbau kepada masyarakat ketikan ada kejadian, seperti pencurian dan lain-lain bisa langsung melapor ke aparat kepolisian. Sehingga pemerintah masih bisa mengecek apakah kejadian itu tertangkap oleh kamera CCTV atau tidak.

"Kalau kepolisian yang minta langsung kita kasih, tapi kalau masyarakat harus lapor dulu ke kepolisian. Hasil laporan itu baru dia bawa kesini. Kalau tidak ada prosedur orang bebas kesini, padahal ini adalah fasilitas objek vital dan harus dilindungi," ujarnya.

Dia mengungkapkan, CCTV di war room juga terkoneksi di Mapolrestabes. Apa yang dipantau war room, itu pula yang terpantau di kepolisian.  Kata dia, tak semua kejadian bisa dipantau CCTV, terlebih jika kejadiannya kebetulan berada di belakang posisi CCTV.

"Cuma, kalau mau minta rekaman di sini. Di sana (Mapolrestabes) tak menyimpan. Ada saatnya kejadian tertentu, polisi yang mengendalikan. Misal, terjadi demonstrasi," ungkapnya.

Diketahui, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar tahun ini menargetkan bisa memiliki 484 CCTV yang tersebar di seluruh objek vital di Kota Makassar.

Kepala Bidang Pengembangan Informasi dan Aplikasi Telematika, Denny Hidayat mengatakan hingga tahun 2017, Kota Makasssar baru memiliki 134 CCTV. Padahal untuk mengcover seluruh wilayah Kota Makassar dibutuhkan sekitar 3000 CCTV.

"Kita baru punya 134 CCTV, 115 dari pemerintah kota dan 19 itu dari bantuan pihak swasta. Tahun ini kita berharap bisa memasang sampai 484 CCTV," katanya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif