Miguel Oliveira Pembalap MotoGP Pertama Juara di Mandalika

Minggu, 20 Maret 2022 - 16:46 WIB
loading...
Miguel Oliveira Pembalap MotoGP Pertama Juara di Mandalika
Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira. Foto: IG: 88migueloliveira
A A A
MANDALIKA - Miguel Oliveira, Pembalap Red Bull KTM, keluar sebagai pemenang MotoGP Indonesia 2022 dan menjadi rider MotoGP pertama yang menang di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022) sore WIB.

Balapan harus ditunda selama 1 jam 15 menit, hingga akhirnya MotoGP Mandalika digelar. Memimpin sejak lap-lap awal, Oliveira menang tanpa perlawanan sengit. Di belakangnya, ada sang juara bertahan, Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco.



Jalannya balapan, start dari posisi terdepan, Favio Quartararo langsung melesat kencang begitu balapan dimulai. Dia dibuntuti oleh Miguel Oliveira dan juga Jack Miller.

Namun, setelah melewati trek lurus di starting grid untuk kedua kalinya, El Diablo -julukan Quartararo- kehilangan tempatnya. Dia disalip oleh Oliveira dan tak lama kemudian Jack Miller menyusulnya juga yang membuatnya turun ke posisi tiga.

Dua lap balapan berjalan, Quartararo berjarak 1,7 detik dari Miller dan Oliveira. Bahkan, dia justru dipepet oleh Alex Rins yang berusaha mengejarnya dari urutan empat. Terus dikejar, akhirnya juara bertahan MotoGP itu berhasil disalip oleh Rins yang melaju mulus di tikungan.

Lalu, dia juga dibalap oleh Johann Zarco hingga turun ke posisi lima. Pada lap keempat, Jorge Martin nyaris jatuh ditikungan 17. Pembalap Pramac Ducati itu kehilangan keseimbangan karena licinnya trek.

Beruntung dia bisa kembali ke posisi aman dan melanjutkan balapan. Sementara itu, Oliveira yang sempat disusul oleh Miller memimpin balapan pada lap kelima. Kedua pembalap terdepan itu berjarak dua detik dari Quartararo. Tak lama kemudian, Francesco Bagnaia, hampir mengalami kecelakaan. Namun, sama seperti Martin, pembalap Lenovo Ducati itu bisa mengendalikan motornya meski harus melebar di tikungan satu dan turun ke posisi 12.

Setelah nyaris terjatuh, Martin pun akhirnya benar-benar keluar dari balapan. Dia terpeleset di tikungan 1 saat balapan tersisa 13 putaran dan motornya pun berguling-guling cukup kencang di atas gravel.

Namun, pembalap asal Spanyol itu terlihat baik-baik saja karena langsung bisa bangkit. Sepuluh lap balapan tersisa, Oliveira masih memimpin 3,4 detik dari Miller. Sementara Rins, kehilangan posisi tiga usai disalip oleh Zarco yang kini tertinggal satu detik di belakang Miller.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)