alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Masuk SMA/SMK di Sulsel Bisa Lewat Jalur Pemenuhan Kuota

Syachrul Arsyad
Masuk SMA/SMK di Sulsel Bisa Lewat Jalur Pemenuhan Kuota
Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel akan membuka jalur pemenuhan kuota pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK/SLB se-Sulsel tahun 2020. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel akan membuka jalur pemenuhan kuota pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK/SLB se-Sulsel tahun 2020. Baca : Tahun Ajaran Baru, Pengenalan Sekolah Dilakukan Via Online

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdik Sulsel, Basri menjelaskan, jalur pemenuhan kuota ini disiapkan apabila semua jalur yang dibuka sebelumnya belum memenuhi jumlah penerimaan. Momen ini bisa dimanfaatkan tiap sekolah untuk memenuhi jumlah rombongan belajar yang disiapkan jika masih kurang.

Jalur pemenuhan kuota ini khusus untuk SMA/SMK. Rencananya jalur ini baru dibuka pendaftarannya 6-8 Juli 2020. Sembari menunggu semua jalur pendaftaran lainnya selesai.



Diketahui, dalam PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 44/2019. Dimana telah diatur pembagian jalur dan kuota penerimaan. Diantaranya jalur zonasi 50%, jalur prestasi 30%, jalur afirmasi 15%, dan sisa 5% lainnya untuk jalur perpindahan orang tua.

Baca Juga : Rawan Kecurangan, PPDB Sekolah Unggulan di Makassar Akan Diawasi Ketat

"Kalau misalnya semua jalur yang dibuka belum terpenuhi, semua sekolah punya kesempatan untuk memenuhi kuotanya dengan menggunakan jalur pemenuhan kuota itu yang dimulai tanggal 6 sampai 8 Juli 2020," beber Basri kepada SINDOnews.

Proses PPDB di Sulsel diketahui sudah berjalan. Tahapannya dimulai dengan jalur boarding school yang dibuka sejak 15-19 Juli 2020. Setelah itu, akan disusul pada jalur afirmasi, prestasi akademik/non akademik, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali siswa pada 22-26 Juni 2020.

Sementara jalur zonasi yang memiliki kuota besar dibuka tanggal 29 Juni sampai 3 Juli 2020. "Jadi kalau misalnya jalur afirmasi, akademik/non akademik, maupun jalur perpindahan orang tua belum terpenuhi, juga bisa pakai jalur zonasi," papar dia.

Setelah itu, akan dibuka jalur pendaftaran khusus SMK. Pendaftarannya 15 Juni-3 Juli 2020. "Kenapa SMK tersendiri, karena SMK ini dia jalur non zonasi," tambah Basri.

Sementara Ketua Panitia PPDB Tingkat Sulsel, Sabri mengaku, khusus jalur pemenuhan kuota dikondisikan dengan sekolah masing-masing. Jika memang untuk kuota di tiap jalur yang dibuka belum terpenuhi.

"Jalur pemenuhan kuota ini mengacu ke juknis PPDB, disitu tidak ditentukan (kuotanya). Jadi sisa melihat jalur mana yang belum terpenuhi kuotanya di setiap sekolah," pungkas Sabri. Baca Lagi : PPDB Jalur Boarding School Mulai Dibuka Hari Ini Hingga 19 Juni



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak