Akselerasi Dekarbonisasi PT Vale, Jaga Keberlanjutan Masa Depan

Selasa, 22 Maret 2022 - 15:44 WIB
loading...
Akselerasi Dekarbonisasi PT Vale, Jaga Keberlanjutan Masa Depan
PT Vale Indonesia menggelar Sustainability Forum 2021 pada Selasa (22/3/2022). Kegiatan tersebut mengangkat tema Dekarbonisasi untuk Masa Depan Berkelanjutan. Foto: Dok PT Vale Indonesia
A A A
MAKASSAR - Akselerasi penggunaan energi bersih menjadi poin fundamental dalam memastikan masa depan perekonomian serta sektor lainnya tetap terjaga dalam konteks keberlanjutan.

Hal tersebut mengemuka dalam Sustainability Forum 2021 yang diselenggarakan PT Vale Indonesia Tbk pada Selasa (22/3/2022). Kegiatan tersebut mengangkat tema 'Dekarbonisasi untuk Masa Depan Berkelanjutan'.



Pada kegiatan tersebut, Executive Director Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa, mengungkapkan transisi energi berbasis fosil menjadi mutlak dilakukan agar ambisi nol emisi karbon (net zero emission) mampu menjadi keniscayaan dengan estimasi terwujud pada 2050 mendatang.

Langkah yang kerap disebut dekarbonisasi itu, lanjut dia, mesti selaras dengan target Persetujuan Paris yaitu membatasi kenaikan suhu bumi 1,5 derajat Celcius.

"Jika tidak ada upaya dekarbonisasi yang terencana maka diproyeksikan sektor energi akan menjadi penghasil emisi terbesar di Indonesia pada tahun 2030 dan mempersulit pencapaian target Persetujuan Paris", papar Fabby di Makassar, Selasa (22/3/2022).

Menurutnya, pada 2022 ini pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus berusaha keras meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan dan mendorong efisiensi energi di bangunan dan industri. Pada 2025, pemerintah harus mencapai target 23% bauran energi terbarukan dan setelah itu harus mengejar emisi sektor energi mencapai puncaknya sebelum 2030.

"Sehingga memang, harus ada upaya akseleratif transisi ke energi bersih, dekarbonisasi. Untuk jangka panjang, ini memberikan efek berganda terhadap competitiveness perekenomian kita jadi lebih optimal," tegasnya.

Pada sisi lain, Fabby memandang Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah di Tanah Air yang sudah berada pada tatanan transisi energi dengan bauran EBT yang cukup signifikan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)