Proteksi Dini, Nakes di Parepare Jalani Skrining Tuberkulosis

Selasa, 22 Maret 2022 - 17:38 WIB
loading...
Proteksi Dini, Nakes di Parepare Jalani Skrining Tuberkulosis
Dinkes Parepare bersama sejumlah rumah sakit dan puskesmas menggelar skrining penyakit TB dengan menyasar tenaga kesehatan alias nakes dalam rangka menyambut Hari TB Sedunia. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
PAREPARE - Menyambut Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia pada 24 Maret, Dinas Kesehatan Kota Parepare bersama sejumlah rumah sakit dan puskesmas menggelar skrining penyakit TB dengan menyasar tenaga kesehatan alias nakes. Skrining TB diselenggarakan di Rumah Sumantri, Selasa (22/3/2022).

Pengelola program TB Dinas Kesehatan Parepare, Bakri, menjelaskan skrining bagi nakes adalah rangkaian memperingati Hari Tuberkulosis sedunia. Kegiatan itu sekaligus upaya proteksi dini penyakit menular seperti TB terhadap nakes.



Ia menjelaskan melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin memastikan seluruh nakes yang bertugas di Parepare, tak ada yang mengalami gejala-gejala TB. "Ini inisiatif kita semua untuk melakukan screening," katanya.

Jika dalam pelaksanaan skrining, ada nakes yang bergejala Tuberkulosis , Bakri menyebut akan langsung ditindaki dengan pengambilan sampel untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium.



Sementara itu, Penanggung Jawab TB Rumah Sakit Sumantri Parepare, Sulfadli, mengatakan skrining merupakan pemeriksaan dini penyakit TB yang dilakukan ke seluruh nakes RS Sumantri. “Skrining kita gelar melalui aplikasi yang disediakan oleh Dinkes," ujarnya.

Dari hasil skrining sementara, terdapat dua orang petugas kesehatan yang terduga bergejala TB . Selanjutnya, akan dilaksanakan pengambilan sampel dahak untuk pemeriksaan selanjutnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2798 seconds (0.1#10.140)