Bea Cukai Makassar Sita Sejuta Rokok Ilegal asal China, Satu Orang Diamankan

Selasa, 22 Maret 2022 - 20:14 WIB
loading...
Bea Cukai Makassar Sita Sejuta Rokok Ilegal asal China, Satu Orang Diamankan
Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Makassar menggagalkan peredaran 1.099.800 batang rokok ilegal yang hendak masuk ke Pulau Sulawesi. SINDOnews/Ansar Jumasang.
A A A
MAKASSAR - Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Makassar menggagalkan peredaran 1.099.800 batang rokok ilegal yang hendak masuk ke Pulau Sulawesi. Satu kurir diamankan lantaran membawa rokok ilegal itu.

"Awalnya kami dapat informasi dari intelijen terkait pengiriman rokok ilegal dari Jakarta yang dimuat dalam Kapal Roro KM Dharma Rucitra VII yang tiba di Pelabuhan Barru," kata Kepala Bea Cukai Makassar, Andi Pramono, saat konferensi pers di kantornya, Selasa (22/3/2022) sore.



Andi Pramono melanjutkan pihaknya lalu memeriksa kapal tersebut. Pihaknya menemukan 50 karton yang berisikan rokok tanpa dilekati pita cukai.

Dia menuturkan rokok tersebut bermerek Hongshuangxi dan Jinyexiang yang dikirim oleh seorang berinisial C dari Jakarta. "Diamankan seorang tersangka sebagai pengirim dari Jakarta," sebut Andi Pramono.

Andi Pramono menambahkan usai melakukan interogasi terhadap pelaku, Bea Cukai Makassar kembali mengamankan puluhan karton rokok dengan tujuan Morowali, Sulawesi Tengah dan Kendari, Sulawesi Tenggara. Jumlahnya fantastis

"Jadi totalnya diamankan sekitar 110 karton rokok ilegal dengan nilai sekitar Rp 915 juta lebih," terangnya.

Sementara itu, Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sulbagsel, Nugroho Wahyu, memberikan apresiasi tinggi kepada KPPBC Makassar yang berhasil mencegah masuknya rokok ilegal.

"Terima kepada kepala Bea Cukai Makassar , Polri, dan TNI yang berhasil menangkap dan mengamankan satu juta lebih rokor ilegal," ujar dia.

Sementara itu, Kakanwil DJBC Sulbagsel, Nugroho Wahyu, menerangkan dari jumlah rokok ilegal yang diamankan berpotensi menghilangkan pendapatan negara sekitar Rp700 juta. Olehnya itu, pihaknya komitmen dan serius dalam memberantas peredaran rokok ilegal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)