TOPIK TERPOPULER

Dinkes Sebut Provinsi Sulsel Berpotensi Menuju Endemi

Syamsi Nur Fadhila
Dinkes Sebut Provinsi Sulsel Berpotensi Menuju Endemi
Provinsi Sulawesi Selatan disebut berpotensi menuju fase endemi. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Skenario transisi masa pandemi Covid-19 menuju endemi masih disiapkan oleh pemerintah pusat, sambil terus memantau perkembangan kasus. Provinsi Sulawesi Selatan disebut berpotensi menuju fase endemi.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat. Melihat kondisi tren Covid-19 di Sulsel saat ini, bukan tidak mungkin Sulsel bisa menjajaki fase endemi.

Baca Juga: Ekonom Sulsel Apresiasi Sistem Padat Karya Usulan Kajati Sulsel

Kata Arman, tren kasus Covid-19 di Sulsel saat ini cukup rendah. Kondisi sama juga terjadi pada hunian rumah sakit rawat inap dan rawat jalan di hampir semua kabupaten kota.

"Yang positif itu sangat rendah, jadi kalau pemerintah pusat akan mengumumkan provinsi-provinsi yang endemi, kemungkinan besar Sulsel akan masuk," katanya.

Kendati demikian, sambung Arman, pihaknya masih menanti skenario yang akan diatur oleh pemerintah pusat, termasuk sejumlah syarat atau indikator yang akan ditetapkan dalam masa transisi ke endemi.

"Pasti ada indikator indikator yang dinilai, tidak mungkin dengan penilaian sejenak itu bisa menentukan kondisi endemi. Saya kira pemerintah pusat lagi mengkaji ini semua untuk persiapan ke endemi. Tidak mungkin diumumkan secara tiba tiba," bebernya.

Diperkirakan, salah satu indikator transisi pandemi ke endemi adalah yang minimal cakupannya 70 persen untuk setiap kategori.

Saat ini, cakupan vaksinasi Sulawesi Selatan untuk dosis pertama sudah mencapai 86,29% atau 6.090.352 orang dari total sasaran 7.058.141 orang.

Untuk dosis kedua berada di angka 61,11% atau 4.313.219 orang. Sementara dosis ketiga atau booster masih sangat rendah, yakni 3,51% atau 248.073 orang.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!