Pemasukan Nol, Ribuan Satwa Kebun Binatang Terancam Kelaparan

Jum'at, 24 April 2020 - 14:18 WIB
loading...
Pemasukan Nol, Ribuan Satwa Kebun Binatang Terancam Kelaparan
Harimau Sumatera koleksi Kebun Binatang Bandung. Foto/bandung-zoo.com
A A A
BANDUNG - Hewan-hewan di kebun binatang seluruh Indonesia terancam kelaparan. Ini terjadi karena tidak ada pemasukan dari tiket pengunjung menyusul wabah Corona yang melanda Indonesia.

Berdasarkan survei terhadap 60 anggota Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), kemampuan untuk memberi pakan kurang dari sebulan sebanyak 92,11%. Dengan kata lain, mayoritas pengelola kebon binatang akan menghadapi masalah pakan dalam waktu dekat.

Sedangkan kebun binatang) yang mampu bertahan menyediakan pakan untuk jangka waktu 1 sampai 3 bulan hanya 5,26 %. KB yang mampu menyediakan pakan lebih dari 3 bulan hanya berkisar 2,63%," kata Humas PKBSI Sulhan Syafii. (Baca : COVID-19 Membuat Masjid Al Aqsa Tutup, Ramadhan di Palestina Terasa Sedih)

Oleh karenanya, kata dia, salah satu prioritas mendesak bagi kelangsungan hidup KB, khususnya kesehatan dan kesejahteraan satwa koleksi adalah penguatan ketahanan pakan. Tak heran, saat ini hampir seluruh manajemen KB melakukan penyesuaian terhadap manajemen pakan satwa.

Mulai dari substitusi, pengurangan porsi hingga pendekatan manajemen pakan lainnya. Tentu tetap bedasarkan pada etika hewan maupun kesehatan dan kesejahteraan satwa.

Memang, persoalan finansial bukan satu-satunya masalah. Ada jenis-jenis satwa yang membutuhkan pakan khusus. Pakan hanya bisa diperoleh dari penyedia khusus dengan perlakuan tertentu. Artinya, walau dana tersedia, pasokan pakannya belum tentu ada karena dampak kebijakan penanganan pandemi Corona.

"Tapi finansial bagaimanapun juga menjadi faktor krusial. Dari komponen biaya operasional kebun binatang, pakan menduduki peringkat kedua setelah tenaga kerja. Yang ketiga adalah biaya obat-obatan," beber dia. (Baca : Operasi Ketupat Lodaya 2020 Digelar, 29.885 Petugas Gabungan Siap Larang Mudik)

Lebih lanjut dia menjelaskan, selama ini, kegiatan PKBSI dengan 60 KB memiliki kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Kegiatan seluruh kebun binatang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 22.000 orang.

Peran lain KB adalah membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah melalui multiplier effect kegiatan hotel, restoran, transportasi, suplai pakan dan sebagainya. Termasuk berkontribusi langsung terhadap daerah setempat. "Satu tahun kunjungan ke kebon binatang bisa mencapai 50 juta orang," katanya.

Sampai saat ini, total jenis satwa yang menjadi koleksi seluruh KB anggota PKBSI sebanyak 4.912 jenis satwa endemik maupun satwa dari berbagai belahan dunia. Terdiri dari jenis karnivora, herbivora, reptilia, unggas, dan jenis lainnya.

Beberapa di antaranya tergolong flagship species yang menjadi ikon Indonesia. Misalnya saja anoa, harimau sumatera, tapir, orangutan sumatera dan jenis lainnya. Jumlah populasi total satwa di seluruh KB sekitar 70.000 ekor. Secara legalitas, seluruh satwa dimaksud adalah asset negara yang bukan hanya wajib dilestarikan. Namun juga dijaga kesejahteraannya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4488 seconds (0.1#10.140)