Menkes Sebut Ada Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Lebaran

Kamis, 24 Maret 2022 - 07:09 WIB
loading...
Menkes Sebut Ada Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Lebaran
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lonjakan kasus Covid-19 usai Hari Raya Idul Fitri 2022 mendatang berpotensi terjadi. Hal itu bercermin dari perayaan hari besar lainnya, dipicu adanya peningkatan mobilitas masyarakat.

"Potensi kenaikan setiap ada acara besar dan kerumunan ada, tapi kenaikan (kasus Covid-19) tinggi itu karena ada varian baru," ucap Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin , Rabu (23/3/2022) malam.



Budi membeberkan alasan memberi pelonggaran saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Menurutnya, sudah dua tahun tidak merayakan momen Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman oleh karena itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kesempatan jadi gunakanlah dengan baik dan tetap patuhi protokol kesehatan.

"Pesan saya terakhir, sudah dua tahun tidak merayakan Lebaran dengan baik, makanya presiden meminta untuk beri kesempatan umat Islam menjalankan Ramadhan dan merayakan Idul Fitri dengan baik," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mempersilakan masyarakat yang ingin pulang kampung alias mudik ke kampung halamannya saat Hari Raya Idul Fitri nanti.



"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran juga dipersilakan, juga diperbolehkan," ujar Jokowi dalam jumpa pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Namun, jika ingin mudik, masyarakat disyaratkan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 lengkap dan booster. "Dengan syarat sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan 1 kali Booster. Serta tetap menerapkan protokol kesehatan," ucap Jokowi.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)