Pasukan Militer Korut Disebar, Bersiap Tugas Tempur Kelas Tinggi

Rabu, 17 Juni 2020 - 10:51 WIB
loading...
Pasukan Militer Korut Disebar, Bersiap Tugas Tempur Kelas Tinggi
Rezim pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengambil langkah agresif dengan menebar pasukan militernya di zona perbatasan Korea Selatan. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
SEOUL - Rezim pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengambil langkah agresif dengan menebar pasukan militernya di zona perbatasan Korea Selatan. Ketegangan antar kedua negara pun semakin meningkat. Baca : Ancaman Adik Kim Jong-un Direspon, Pasukan Militer Siap Dikerahkan

Korut akan mengirim unit-unit tingkat resimen dan sub-unit senjata yang diperlukan dengan misi pertahanan akan ditempatkan di kawasan wisata Gunung Geumgang dan Kawasan Industri Gaeseong. Hal itu dikatakan oleh seorang juru bicara Staf Umum Tentara Rakyat Korea dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu juga mengatakan pos-pos polisi yang telah ditarik kembali dari Zona Demiliterisasi di bawah kesepakatan militer akan dipasang kembali untuk memperkuat penjagaan garis depan.

Sementara itu unit artileri di dekat perbatasan laut barat di mana para pembelot sering mengirim selebaran anti Pyongyang akan diperkuat dengan peringatan kesiapan yang ditingkatkan ke tingkat "tugas tempur kelas tinggi."

Selain itu, juru bicara itu mengatakan tentara akan melanjutkan semua jenis latihan militer reguler di dekat perbatasan antar-Korea dalam sebuah langkah nyata untuk menghapuskan kesepakatan militer pengurangan ketegangan yang ditandatangani kedua Korea pada 2018 seperti dikutip dari KBS, Rabu (17/06/2020).

Baca Juga : Pyongyang Minta Washington Diam dan Tak Urusi Soal Korut-Korsel

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat dalam beberapa hari terakhir setelah adik pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Yo-jong, mengirim peringatan kepada Korea Selatan (Korsel) terkait selebaran anti Pyongyang yang disebarkan para aktivis dan pembelot.

Kim Yo-jong, telah mengumbar ancaman terhadap Seoul sejak Sabtu pekan lalu. "Tak lama, sebuah adegan tragis dari kantor penghubung bersama (Korea) Utara-(Korea) Selatan yang tidak berguna yang benar-benar runtuh akan terlihat," katanya.

Pada Selasa kemarin, Korut benar-benar mewujudkan ancamannya. Rezim Pyongyang yang dipimpin Kim Jong-un meledakkan kantor penghubung Korut dengan Korsel. Ledakan keras diikuti oleh gumpalan asap ketika bangunan empat lantai di kota Kaesong, Korea Utara, diledakkan. Hal itu dipaparkan para saksi mata di seberang perbatasan di Korea Selatan.

Kantor itu didirikan pada April 2018 ketika hubungan kedua Korea menghangat. Bangunan itu memungkinkan kedua negara untuk secara langsung membahas masalah 24 jam, 365 hari. Kantor itu dikelola oleh hingga 20 orang dari setiap pihak.

Sebelumnya, Korut juga telah menganggap Korea Selatan (Korsel) sebagai musuh dan memutuskan semua jalur komunikasi.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)