alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pansus Ranperda RZWP3K Diminta Tak Akomodir Tambang Pasir

Hasdinar Burhan
Pansus Ranperda RZWP3K Diminta Tak Akomodir Tambang Pasir
Ikon Kota Makassar, Anjungan Pantai Losari. Foto : Dok/SINDONews

MAKASSAR - Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Sulawesi Selatan diminta untuk memperhatikan klausul menyangkut alokasi ruang tambang pasir laut dan reklamasi yang mengakomodir keterlanjuran proyek pesisir yang tengah berjalan.

Hal ini disampaikan Kepala Departemen Advokasi Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulsel, Muh Al Amin dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait ranperda tersebut, Selasa (27/3/2018).

Ia menekankan kepada pansus agar tak mengakomodir ruang penambangan pasir dbeberapa daerah dan reklamasi pantai di Sulsel khususnya reklamasi Center Point Of Indonesia (CPI) di Makassar.



"Jangan sampai ranperda ini justru melegitimasi penambangan pasir dan reklamasi pantai di wilayah Sulsel seperti di Palopo, Bulukumba dan Makasssar," ujar Al Amin.

Ia mengatakan, pihaknya tetap menolak agar pertambangan pasir dan aktivitas reklamasi di laut Sulsel tak masuk dalam Ranperda RZWP3K.
“Kami tetap pada komitmen awal, bahwa kita meminta pansus beserta pemekarsa agar tidak memasukkan tambang pasir laut dan reklamasi masuk ke agenda RZWP3K,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pansus RZWP3K Sulsel, Fachruddin Rangga menegaskan bahwa Ranperda RZWP3K tak berkaitan dengan reklamasi pantai CPI dan tambang pasir di laut Galesong, Kabupaten Takalar.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook