4 Manfaat Mengonsumsi Kedelai untuk Penderita Diabetes

Minggu, 27 Maret 2022 - 12:54 WIB
loading...
4 Manfaat Mengonsumsi Kedelai untuk Penderita Diabetes
Kandungan nutrisi kedelai dapat berkontribusi dan membawa manfaat bagi penderita diabetes. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Perubahan pola makan penting untuk pengelolaan diabetes . Dari banyak makanan sehat, kedelai adalah makanan yang kaya karbohidrat kompleks, serat makanan, protein, saponin, pitosterol, asam fitat, isoflavon, oligosakarida dan mineral.

Kandungan tersebut dapat berkontribusi dan manfaat bagi penderita diabetes dalam beberapa hal atau mengurangi risiko kondisi tersebut. Dilansir dari Boldsky, berikut ini sejumlah manfaat kedelai untuk penderita diabetes.



1. Dapat mengurangi kadar kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama bagi penderita diabetes karena ketidakcukupan atau ketidakmampuan insulin dalam tubuh mereka mencegah metabolisme glukosa, yang kemudian naik dan pada gilirannya, meningkatkan kadar kolesterol.

Kedelai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, mengatur sensitivitas insulin dan meningkatkan glukosa darah, terutama karena adanya karbohidrat kompleks dan serat di dalamnya.

2. Kaya serat makanan

Serat merupakan senyawa penting dalam menurunkan kadar glukosa dan memberikan rasa kenyang. Menurut USDA, 100 g kedelai mengandung 9,3 g serat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika serat kedelai diberi makan untuk mengontrol tikus, glukosa plasma mereka menurun dalam 60 menit konsumsi, dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima serat. Juga, efek penurun glukosanya lebih baik daripada beras merah.

Oleh karena itu, konsumsi kedelai dapat membantu mengontrol kadar glukosa pada diabetes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)