Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Makassar Mulai Merangkak Naik

Selasa, 29 Maret 2022 - 16:26 WIB
loading...
Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Makassar Mulai Merangkak Naik
Harga kebutuhan pokok di Kota Makassar beranjak mulai naik menjelang bulan suci Ramadhan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Sejumlah komoditas pangan terpantau mulai mengalami kenaikan harga jelang bulan Ramadhan. Harga cabai rawit merah, bawang merah dan bawang putih, hingga gula pasir, mulai menunjukkan lonjakan harga.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar , Arlin Ariesta, menuturkan fluktuasi harga bahan pokok memang kerap terjadi menjelang hari-hari besar keagamaan.



"Hal itu berpengaruh karena meningkatnya biaya produksi atau naiknya harga bahan-bahan dasar," ungkap Arlin.

Dalam menjaga stabilitas harga pangan, kata Arlin, penting untuk memperhatikan stok serta harga dari tingkat produsen hingga ke konsumen.

Karena stabilisasi tidak hanyak melihat bagaimana di tingkat konsumen tapi juga di produsen supaya jadi seimbang. Ketika harga tinggi, maka dilihat tingkat produksinya," jelasnya.

Arlin memastikan, pihaknya bakal lebih masif melakukan pemantauan terhadap harga pangan, bersama Satgas Ketahanan Pangan yang dibentuk oleh wali kota.

Jika ditemukan ada lonjakan harga atau stok yang menipis, hal itu akan dilaporkan kemudian dirapatkan bersama tim pengendali inflasi daerah (TPID).

"Setelah itu, apabila direkomendasikan untuk operasi pasar terhadap komoditas yang kurang itu, maka dilanjutkan operasi pasar," beber Arlin.

Arlin memastikan, stok komoditas pangan sampai saat ini masih cenderung aman. Pihaknya juga rutin berkoordinasi dengan distributor bahan pangan untuk memastikan pasokan bahan pangan berjalan aman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4066 seconds (0.1#10.140)