Komite Persiapan Pembentukan Provinsi Tana Luwu Terbentuk

Selasa, 29 Maret 2022 - 16:58 WIB
loading...
Komite Persiapan Pembentukan Provinsi Tana Luwu Terbentuk
Suasana pertemuan anggota komite persiapan pembentukan Provinsi Tana Luwu, yang telah dibentuk Kedatuan Luwu. Foto: Istimewa
A A A
LUWU - Komite persiapan pembentukan Provinsi Tana Luwu dibentuk oleh Kedatuan Luwu. Sesuai Surat Keputusan (SK) pengurus berlogo Kedatuan Luwu, dengan nomor 04/KDL-PLP/III/2022.

SK tersebut ditandatangani Datu Luwu , Andi Maradang Mackulau, Opu To Bau, pada 22 Maret 2022.

Berikut risalah pertemuan Wija to Luwu ke-2 (Pertemuan pertama di Hotel Maleo Makassar, 19 Februari 2022, yang dihadiri Datu Luwu Andi Maradang Makkulau Opu To Bau dan Tokoh Wija to Luwu di Hotel Kartika Chandra Jakarta, (27/03/2022).



Terbentuk tim formatur Komite Pusat Pembentukan Provinsi Tana Luwu , Luwu Raya, terdiri dari Syarif Hasan, Sarifuddin Sudding, Andi Ida Nursanti, Lutfi Andi Mukti, Arsyad Kasmar, Badaruddin Andi Picunang, Annar Sampetoding, Jamal Nawir, Dewi Pasande.

"Tugas tim formatur tersebut adalah menyusun pengurus komite pusat, membuat proposal dan naskah akademik, time schedule dan RAB pembentukan Provinsi Tana Luwu atau Luwu Raya dalam waktu paling lama setelah Lebaran 2022 pada saat pertemuan Wija to Luwu ke-3," ucap Datu Luwu dalam diktum ke 2 dalam SK diatas.

Pada diktum atau point' ke 3 disebutkan, Badan hukum komite adalah perkumpulan (UU Perkumpulan) yang segera dinotariskan dan didaftarkan ke Kemenkumham RI, sekaligus membuka rekening perjuangan yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Konsolidasi dan konsultasi kepada semua pihak terkait segera dilakukan seiring dengan terbentuknya komite-komite di daerah yang dikoordinir oleh komite pusat di bawah koordinasi Yang Mulia Datu Luwu," katanya.

Komunikasi dan kerjasama dengan daerah yang mengusulkan pemekaran (DOB) lainnya untuk mendorong pemerintah membuka/mencabut moratorium DOB (Daerah Otonomi Baru).

Memprioritaskan terbentuknya Kabupaten Luwu Tengah sebagai syarat terbentuknya Provinsi Tana Luwu (Luwu Raya), sambil menjejaki bergabungnya Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara dalam perjuangan terbentuknya Provinsi Tana Luwu (Luwu Raya).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)