Luwu Utara Kerap Disinggahi WNA, Pemkab Bentuk dan Rakor Tim Pora

Rabu, 30 Maret 2022 - 14:38 WIB
loading...
Luwu Utara Kerap Disinggahi WNA, Pemkab Bentuk dan Rakor Tim Pora
Rakor Tim Pora tingkat kecamatan se-Luwu Utara tahun 2022, di Aula Hotel Remaja Indah Masamba, Rabu (30/3/22). Foto/Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara melakukan Pembetukan dan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) tingkat kecamatan se-Luwu Utara tahun 2022, di Aula Hotel Remaja Indah Masamba, Rabu (30/3/22).

Hal tersebut bertujuan menjaga ketertiban dan stabilitas keamanan dalam rangka mengantisipasi pengaruh negatif dari keberadaan dan kegiatan orang asing di Luwu Utara .

Panitia Pembentukan dan Rakor Tim Pora, Ardiansyah mengatakan kegiatan yang dilaksanakan tersebut diharapkan menjadi wadah komunikasi untuk meningkatkan sinergi antara berbagai instansi pemerintah terkait dalam hal pengawasan orang asing.



"Tujuan dilaksanakan pembentukan dan rapat koordinasi tim pengawasan orang asing ini adalah sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan peningkatan ketertiban dan stabilitas keamanan dalam rangka mengantisipasi pengaruh negatif dari keberadaan," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Lutra, Suaib Mansur mengatakan Luwu Utara bukan daerah tujuan untuk datangnya orang asing, melainkan daerah perlintasan.

Namun lanjut Wakil Bupati, untuk aktivitas tertentu ada saja orang asing yang menginap di daerah Luwu Utara.

"Pengawasan ini bukanlah curiga yang berlebihan tapi hanya saja pengawasan ini adalah untuk mengawasi masyarakat kita dari pengaruh negatif dan daerah kita dari orang asing yang datang," kata dia.



Orang nomor dua di Luwu Utara ini juga mengatakan, kordinasi menjadi hal penting untuk melakukan pengawasan agar objek yang diawasi sesuai dengan tujuan.

"Cara-cara pengawasan juga harus perlu dipahami karena kita tidak mau ada unsur ketersinggungan bagi orang asing tersebut," kata Suaib.

"Diharapkan ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tugas-tugas teman-teman yang ada di camat," tambah Suaib.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2606 seconds (0.1#10.140)