Pemkab Pangkep Gelar Bimtek untuk Akurasi Data Penerima Bantuan Sosial

Kamis, 31 Maret 2022 - 18:50 WIB
loading...
Pemkab Pangkep Gelar Bimtek untuk Akurasi Data Penerima Bantuan Sosial
Pemkab Pangkep menggelar bimtek demi akurasi data penerima bansos. Foto/Ilustrasi
A A A
PANGKEP - Guna perbaikan data penerima bantuan sosial (bansos), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep melalui Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengumpulkan Kepala Seksi Kesahteraan Sosial dan operator SIKS NG dari 103 desa kelurahan.

Pertemuan yang dikemas dalam bimbingan teknis (bimtek) itu dibuka oleh Asisten I Pemkab Pangkep, Herlina, di ruang rapat lantai Kantor Bupati Pangkep, Kamis (31/3/2022). Turut hadir Kadis Dukcapil, Arisal Hasan, dan Kadis Sosial, Najemiah.



Asisten I Pemkab Pangkep , Herlina, menerangkan bimtek ini diharapkan dapat menghasilkan data yang akurat. Sebab, khususnya Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JKN) berdasarkan hasil temuan BPK ditemukan penerima bantuan yang invalid. Ada ketidaksesuaian antara nama dan NIK.

Ia menyebut data itulah yang akan dilakukan verifikasi kembali. Sehingga, Disdukcapil dimohon bisa membuat pernyataan untuk mengeluarkan mereka berdasarkan hasil verifikasi faktual Dinsos. "Karena kalau mereka memang sudah mapan, harus keluar diganti yang lain lagi," ucapnya.

Dia juga menyebut Pemkab Pangkep menargetkan meraih Universal Health Coverage (UHC).

"Kita sekarang berada di angka 94 persen, Untuk mendapatkan UHC harus berada diatas 96 persen. Jadi 2 persen ini yang akan kita perbaiki untuk mendapatkan UHC terkait BPJS KIS ini," sebutnya.

Kadis Dukcapil Pangkep, Arisal Hasan, menjelaskan pertemuan ini bertujuan untuk memadankan data kependudukan dengan DTKS. "Jadi, output dari pertemuan ini mudah-mudahan DTKS lebih akurat lagi ke depannya," katanya.



Jumlah penduduk Kabupaten Pangkep saat ini sebanyak 326.703 jiwa. Jumlah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebanyak 226.141 jiwa. Sebanyak 221.068 jiwa tercatat sebagai penerima bantuan iuran jaminan kesehatan.

Lalu, ada 58.000 jiwa mendapatkan kartu Indonesia sehat bantuan iuran Pemda Pangkep(l (APBD). Selain itu, terdata ada 163.068 jiwa penerima iuran bantuan APBN.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3184 seconds (0.1#10.140)