Aman Tak Dipangkas, Anggaran Rehab Mattoanging Tetap Rp200 M

Kamis, 18 Juni 2020 - 09:00 WIB
loading...
Aman Tak Dipangkas, Anggaran Rehab Mattoanging Tetap Rp200 M
Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel memastikan anggaran rehabilitasi Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar dipertahankan sesuai dengan alokasi yang disediakan sebelumnya.

Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Rusdin Tabi menegaskan, tak ada pengurangan anggaran untuk proyek tersebut. Dengan pertimbangan rehab Stadion Mattoanging sebagai proyek strategis yang dibutuhkan warga Sulsel.

"Iya, benar. Kita minta anggaran Stadion Mattoanging jangan diganggu, karena ini demi kepentingan masyarakat," beber Rusdin kepada SINDOnews, kemarin.

Dikabarkan sebelumnya, anggaran rehab Stadion Mattoanging bakal dipangkas, terkena dampak refocusing anggaran dan dialihkan untuk penanganan COVID-19 di Sulsel. Namun belakangan rencana ini dibatalkan. Baca : Nurdin Abdullah Pastikan Anggaran Stadion Mattoanging Aman

Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menganggarkan rehab stadion ini sekitar Rp200 miliar dalam APBD tahun 2020. "Dipertahankan sesuai anggaran semula," jelas Rusdin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis juga memastikan anggaran rehab Stadion Mattoanging tidak kena dampak refocusing atau pemangkasan. "Iye, Alhamdulillah tidak di-refocusing," sebut Arwin.

Dikatakan Arwin proyek strategis Pemprov Sulsel dipastikan akan tetap berjalan meski di masa pandemi Covid-19. Beberapa tahapan rehab juga sudah mulai berjalan, diantaranya penyusunan dokumen amdal/DELH.

Proses amdalalin pun mulai berproses. Kemudian, lelang manajemen konstruksi disebut juga sudah selesai. Selanjutnya memasuki tahapan untuk lelang perencanaan atau detail engineering design (DED) rehab Stadion Mattoanging.

Rehab Stadion Mattoanging ini ditargetkan diselesaikan tiga tahun. Dengan begitu, alokasi anggarannya pun dilakukan secara bertahap. Bahkan akan didorong agar mendapat bantuan dari APBN melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Baca Juga : Pembongkaran Bangunan Stadion Mattoanging Tunggu Proses Taksasi

"Memang bapak gubernur sudah pernah menyampaikan jika pekerjaan rehab ini akan dilakukan secara bertahap. Hingga tiga tahap atau tiga tahun pengalokasian anggaran. Disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan juga berharap adanya dukungan dari APBN," pungkas Arwin.

Sebelumnya Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah pun memastikan rehab Stadion Mattoanging tetap berjalan. Sesuai dengan alokasi anggaran yang disediakan tahun ini. Makanya percepatan pelaksanaan rehab ini dilakukan agar bisa dimanfaatkan masyarakat. "(Stadion) Mattoanging itu strategis," jelas Nurdin.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)