Akselerasi Ekosistem EV, PLN Dukung Gojek dalam Penyediaan SPBKLU

Senin, 04 April 2022 - 13:11 WIB
loading...
Akselerasi Ekosistem EV, PLN Dukung Gojek dalam Penyediaan SPBKLU
PLN mendukung penyediaan SPBKLU bagi mitra driver Gojek yang telah mengoperasikan 20 unit motor listrik. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Guna mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) khususnya di Kota Makassar dan sekitarnya, PLN mendukung Gojek yang telah mengoperasikan 20 unit motor listrik.

Dukungan tersebut berupa penyediaan sebanyak 6 Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum ( SPBKLU ) di lokasi strategis bagi kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar), Awaluddin Hafid menjelaskan, di wilayah kerja PLN UIW Sulselrabar sudah mengoperasikan 3 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU ) dan 6 SPBKLU yang terletak di lokasi strategis.



"Kami siap berkolaborasi dan mendukung Gojek dalam penyediaan lokasi SPBKLU kendaraan listrik guna mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Kota Makassar, karena PLN dan Gojek dalam hal ini memiliki komitmen yang sejalan yaitu mempercepat Net Zero Emissions (nol emisi karbon)," tandas Awaluddin.

"Kami optimis dengan beroperasinya infrastruktur SPKLU dan SPBKLU, pengguna kendaraan listrik akan semakin meningkat," imbuhnya.

Salah seorang Mitra Driver Gojek, Ari mengungkapkan, setelah menggunakan motor listrik, ia tidak perlu lagi mengisi BBM dan suara kendaraannya pun tidak berisik. "Setelah menggunakan motor listrik selama 2 minggu, motor listrik sangat nyaman digunakan, efisien dan dapat mengurangi polusi udara," tutur Ari.

"Bagi pemilik kendaraan listrik, anda dapat langsung ke kantor PLN terdekat untuk menukarkan baterai anda ataupun mengisi dayanya. Kami berharap ke depannya, fasilitas penukaran baterai ataupun pengisian daya dapat diperbanyak," imbuhnya.

Sementara itu, Marketing Manager EV PT Santomo Resource Indonesia (SRI), Shuntaro Yamaguchi mengucapkan terima kasih dan menyambut baik dukungan dari PLN.

Pemasok motor listrik dan SPBKLU di Wilayah Indonesia Timur tersebut menargetkan pada tahun 2022, 500 unit motor listrik serta 160 SPBKLU akan beroperasi di Kota Makassar dan sekitarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)