Kemenkumham Sulsel bersama KPU Koordinasikan DPT Lapas dan Rutan

Senin, 04 April 2022 - 23:38 WIB
loading...
Kemenkumham Sulsel bersama KPU Koordinasikan DPT Lapas dan Rutan
Pihak Kemenkumham Sulsel dan KPU Sulsel berfoto bersama usai lakukan koordinasi terkait DPT warga binaan di lapas dan rutan lingkup Sulsel. Foto: Dok Kemenkumham Sulsel
A A A
MAKASSAR - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel ) melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) perihal Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas dan Rutan se-Sulsel. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Rapat Kanwil Sulsel, Senin (4/4/2022).

Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak, mengatakan koordinasi ini dilakukan untuk memastikan para WBP memperoleh hak pilihnya pada saat Pemilihan Umum.



"Apresiasi kami berikan pada KPU atas inisiatifnya berkoordinasi terkait DPT lapas/rutan. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami juga akan melakukan pendataan dan koordinasi dengan Dukcapil Provinsi, Kabupaten dan Kota," kata Liberti.

Liberti juga mengatakan bahwa pihaknya akan mendorong pendataan DPT WBP Lapas dan Rutan se-Sulsel dalam rangka Pemutakhiran Data Pemilu. "Pendataan ini akan kami lakukan dari jauh-jauh hari sebelumnya sehingga dapat terdata di Sistem dengan cepat dan meminimalisir peristiwa yang tidak sesuai kaidah demokrasi," ucap Liberti.

Sementara itu, Ketua KPU Sulawesi Selatan , Faisal Amir, mengatakan bahwa terkait koordinasi yang dilakukan dengan Kanwil Sulsel ini bertujuan untuk memastikan status WBP sebagai Pemilih Tetap dan juga sebagai tindaklanjut di Provinsi Sulsel atas Kerjasama Kemenkumham dengan KPU Republik Indonesia terkait Pemutakhiran DPT bagi WBP.



Anggota KPU Sulsel, Uslimin, mengatakan bahwa pada Maret tahun ini, pemutakhiran DPT akan dimulai hingga September mendatang. "Semoga dapat didata dengan baik, sehingga mereka sapat menyalurkan hak pilihnya pada perhelatan demokrasi tahun 2024," ujar Uslimin.

Rapat koordinasi ini turut dihadiri Kadiv Administrasi Sirajuddin, Kadiv Pemasyarakatan Suprapto dan Jajaran Pejabat Administrasi Kanwil Sulsel.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)