alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Bertambah Lagi, Sudah 79 Napi di Lapas Perempuan Gowa Terpapar Covid-19

Bugma
Bertambah Lagi, Sudah 79 Napi di Lapas Perempuan Gowa Terpapar Covid-19
Napi di lapas perempuan Kabupaten Gowa mendapat edukasi soal Covid-19. (Foto: iNews/Bugma).

SUNGGUMINASA - Jumlah warga binaan alias narapidana di Lapas Perempuan Kabupaten Gowa yang terpapar virus corona baru alias covid-19 terus bertambah. Sejauh ini, sudah 79 napi yang terkonfirmasi terpapar corona. Fakta ini terungkap saat tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengadakan tes swab massal.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Gowa, dr Gaffar, membenarkan ada puluhan napi di lapas perempuan yang baru diketahui positif covid-19. Saat ini mereka menjalani perawatan intensif di RSUD Dadi Makassar.

"Sekarang ditangani di Rumah Sakit Dadi. Kami sedang upayakan kerja sama di sana terkait aspek keamanan mereka selama menjalani isolasi," kata Gaffar di Lapas Kelas IIA Makassar tersebut, Kamis (18/6/2020).



Menurut dia, temuan 79 kasus ini berawal dari pemeriksaan rapid test terhadap para narapidana wanita di sana. Kemudian mereka yang reaktif langsung menjalani tes swab. Hasilnya ada 62 orang yang dinyatakan positif covid-19.

Baca Juga: Kasus Positif Corona di Lapas Perempuan Sungguminasa Gowa Bertambah 17

Sebanyak 62 orang tersebut langsung dirujuk ke rumah sakit agar mendapat penanganan medis. Beberapa hari kemudian petugas kembali memeriksa 72 warga binaan tersebut. Hasilnya ada 17 orang yang terkonfirmasi positif.

"Karena di sana memang sulit melakukan physical distancing. Mereka yang saat ini masih sehat kami minta untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh," ujar dia.

Tim medis yang melakukan pemeriksaan di sana juga membekali para warga binaan ini suplemen dan obat-obatan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tujuannya agar mereka kebal dengan virus tersebut.

"Kami minta terapkan protokol kesehatan yang lain seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan," tandasnya.

Baca Juga: Terpapar Corona, 35 Napi Lapas Perempuan Gowa Dirawat di RS Dadi Makassar



(tri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak