Marak Balap Liar, Pemkot Makassar Siapkan Ajang Road Race

Kamis, 07 April 2022 - 22:10 WIB
loading...
Marak Balap Liar, Pemkot Makassar Siapkan Ajang Road Race
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar merancang pelaksanaan ajang road race guna menekan maraknya aksi balap liar. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar merancang pelaksanaan ajang road race guna menekan maraknya aksi balap liar . Kehadiran road race itu diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pembalap liar dalam menyalurkan hobi dan bakatnya.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengungkapkan pihaknya ingin memberi ruang untuk penyaluran bakat bagi remaja-remaja yang kerap melakukan aksi berbahaya tersebut.



Rencananya, balapan resmi atau road race tersebut bakal digelar setiap akhir pekan pada tengah malam hingga menjelang subuh. Namun, di luar waktu tersebut, mereka tidak diperbolehkan menggelar balapan.

"Daripada anak-anak ini balap kiri kanan, diburu kiri kanan, kenapa tidak kalau dibuatkan kejuaraan mulai pukul 12 malam sampai pukul 3 setiap Sabtu-Minggu," ucap Danny-sapaan akrabnya, Kamis (7/4/2022).

Rencananya, ada dua ruas jalan yang bakal digunakan sebagai lokasi balapan. Masing-masing di Jalan Metro Tanjung Bunga dan Jalan Dr Leimena.

"Kami sementara bahas teknis bersama KONI Makassar dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Makassar. Nanti saya akan laporan ke Kapolrestabes juga," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Andi Pattiware, mengatakan pihaknya sementara menyusun teknis pelaksanaan road race ini.

Banyak hal yang perlu disiapkan matang, sebab ajang ini berbeda dengan ajang balapan nasional. "Pasti tidak bisa disamakan dengan pembalap nasional, inikan pembalap jalanan jadi harus disesuaikan," katanya.

Bahkan, sejumlah hadiah juga rencananya akan disiapkan untuk menarik minat para remaja yaang hobi melakukan balap liar tersebut.



Tak menutup kemungkinan, ajang road race itu juga dijadikan sebagai alat dalam mencari bibit-bibit pembalap unggul nantinya. Jika tak ada hambatan ajang ini bakal digelar mulai pekan kedua Ramadhan.

"Pengamanan, kesehatan, dan hadiah akan kami bahas nanti. Bahkan bisa kami bina kalau ada yang betul-betul berpotensi jadi pembalap," tukas Pattiware.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)