TOPIK TERPOPULER

27 Kasus Kecelakaan Kerja Terjadi di PT SGS Sejak 2020

Chaeruddin
27 Kasus Kecelakaan Kerja Terjadi di PT SGS Sejak 2020
Aparat kepolisian Polres Luwu memasang garis polisi di lokasi kejadian perkara pada Jumat 1 April 2022 lalu. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Kasus kematian karyawan PT Sumber Graha Sejahtera (SGS) di Kecamatan Bua Kabupaten Luwu beberapa waktu lalu, memunculkan sejumlah fakta. Salah satunya tren kecelakaan kerja di pabrik kayu lapis tersebut.

Data yang diperoleh dari Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Luwu menyebutkan, angka kecelakaan kerja PT SGS dari tahun 2020 hingga April 2022 mencapai 27 kasus.

Baca juga: Karyawan Pabrik Kayu Lapis di Luwu Meninggal Tertarik Mesin

Rinciannya, 13 kasus kecelakaan kerja terjadi pada tahun 2020. Setahun kemudian, jumlahnya menurut menjadi 9 kasus. Sementara tahun ini, hingga April, sudah ada 5 kasus.

"Januari hingga April sudah 5 kasus termasuk yang terbaru, korbannya meninggal dunia," ujar Kepala Dinas (Kadis) Ketenagakerjaan, Syaiful Abdul Latief, baru-baru ini.

Kadis Ketenagakerjaan Luwu menyebutkan, 27 kasus kecelakaan kerja tersebut masuk kategori tinggi.

Baca juga: Polisi Selidiki Unsur Kelalaian Kasus Tewasnya Karyawan Pabrik Kayu Lapis

Menurut Kadis Ketenagakerjaan Luwu, setiap perusahaan harus meminimalisir hingga zero kecelakaan kerja. Khususnya kecelakaan yang sifatnya fatal seperti cacat permanen hingga kematian.

"Bukan hanya PT SGS. Di Luwu sudah banyak perusahaan, baik pabrik maupun skala gudang. Semua yang mempekerjakan orang, wajib memberikan perlindungan kepada pekerja," katanya.

"Memperhatikan K3 pekerja serta melengkapi alat pelindung diri pekerja utamanya yang berisiko tinggi seperti yang bekerja dalam lokasi pabrik, menggunakan kendaraan atau pun berjibaku dengan mesin," lanjut Kadis.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!