Resmi Beroperasi, PLTS Terbesar di Sulsel Tambah Bauran EBT

Sabtu, 16 April 2022 - 14:44 WIB
loading...
Resmi Beroperasi, PLTS Terbesar di Sulsel Tambah Bauran EBT
PT PLN (Persero) kini telah resmi mengoperasikan PLTS Hybrid di Selayar, yang tentunya akan menambah bauran EBT lingkup Provinsi Sulsel. Foto/Dok PLN
A A A
SELAYAR - PT PLN (Persero) kini telah resmi mengoperasikan salah satu infrastruktur Pembangkit Energi Baru Terbarukannya (EBT) di Provinsi Sulsel. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid dengan kapasitas 1,3 Mega Wattpeak (MWp) itu terletak di Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pengoperasian PLTS Hybrid Selayar ditandai dengan peresmian dan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Bupati Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali, dan General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar), Awaluddin Hafid. Prosesi tersebut juga turut disaksikan oleh Direktur PLN Regional Sulawesi,Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara, Adi Priyanto secara daring.



PLTS Hybrid milik PLN tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,46 hektare (ha) dengan total investasi Rp 39,5 miliar. "Hadirnya PLTS Hybrid Selayar ini diharapkan menjadi trigger bagi kita untuk berinovasi dalam mengembangkan potensi sumber energi terbarukan seperti energi matahari, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), geothermal, dan bentuk energi terbarukan lainnya," terang Adi.

"Selain untuk meningkatkan keandalan sistem di Pulau Selayar, PLTS terbesar di Sulsel ini bakal meningkatkan bauran EBT , serta mendukung komitmen Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 dalam mencapai Mnet zero emmission pada tahun 2060," sambung dia.

Awaluddin menjelaskan PLTS Hybrid Selayar turut memberikan sumbangsih dalam menurunkan emisi karbon sebesar 1.400 ton CO2 per tahun. "Dengan beroperasinya PLTS di sistem kelistrikan pulau Selayar, perhitungan kami dapat menghemat biaya operasional sampai dengan Rp.16,5 Milyar per tahun dan yang utama adalah dapat mengurangi penggunaan energi fosil dan menekan emisi karbon," kata Awaluddin.

"Tak lupa kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh stakeholder dan mitra kerja yang terlibat dalam pembangunan ini. Berkat koordinasi yang baik PLTS ini dapat rampung serta menjadi berkah bagi masyarakat Selayar," tutupnya.

Sementara itu, Wabup Selayar, Muh Basli Ali, dalam kesempatannya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas hadirnya PLTS Selayar. "Saya mewakili masyarakat Selayar mengucapkan terima kasih kepada PLN. Ini adalah Berkah Ramadhan, dimana Selayar memiliki kepulauan yang terpisah dengan daratan lain. Oleh karena itu dengan hadirnya PLTS ini kami berharap dapat menunjang kegiatan ekonomi masyarakat," ungkap dia.

Adapun pembangunan PLTS terbesar di Sulsel ini merupakan prestasi tersendiri bagi PLN dan stakeholders yang terlibat. Musababnya, masa kontruksi dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat yaitu kurang dari 6 bulan.

Proses pembangunan PLTS Hybrid Selayar ditandai dengan penandatangan kontrak yang dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2021, pekerjaan proyek ini dimulai dari site preparation dan pembersihan pahan pada bulan Mei-Juni 2021. Kemudian dilanjutkan dengan Pekerjaan Konstruksi pada bulan Juli-November 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)