Pemkab Gowa Segera Lakukan Seleksi Calon Peserta Rumah Tahfiz

Minggu, 17 April 2022 - 09:50 WIB
loading...
Pemkab Gowa Segera Lakukan Seleksi Calon Peserta Rumah Tahfiz
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Foto/Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Seleksi calon peserta yang akan dididik di Rumah Tahfiz milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa segera dilakukan. Hal itu seiring pembangunan Rumah Tahfiz yang rampung tahun ini.

Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan mengatakan, seleksi calon peserta didik Rumah Tahfiz ini akan dilakukan di semua desa dan kelurahan. Untuk angkatan pertama, peserta didiknya berjumlah 167 anak atau direkrut satu orang per desa/kelurahan.



"Jumlah 167 ini paten setiap angkatan. Jadi setiap tahun pelajaran akan ada 167 penghafal Al-Quran yang dicetak dari Rumah Tahfiz tersebut," ungkapnya saat memberikan sambutan di sela salat Jumat berjamaah di Masjid Besar Baitulsalam Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Jumat (14/4/2022).

Diketahui, Rumah Tahfiz milik Pemkab Gowa didirikan di Kecamatan Bajeng diatas tanah seluas 1,8 hektar. Rumah Tahfiz ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana seperti asrama putra, asrama putri, dapur, ruang makan, ruang belajar, lapangan olahraga, sarana olahraga lainnya dan wilayah kebun. Rumah Tahfiz tersebut direncanakan akan diresmikan tahun ini.

Menurut Adnan, hal ini dimaksudkan agar keberkahan selalu tercurah kepada masyarakat dan Pemkab Gowa . Selain itu, ini sebagai bagian dalam program membangun sumber daya manusia di daerah berjuluk Butta Bersejarah itu.

Sementara itu, terkait Indonesia Emas 2045 di mana usia produktif akan memiliki jumlah lebih banyak daripada yang non-produktif, maka Pemkab Gowa akan berkolaborasi dengan pemerintah desa dan kelurahan untuk mengirimkan putra-putri terbaik mereka melanjutkan pendidikan tinggi di universitas ternama di dalam maupun luar Sulsel.

"Perkuliahan para siswa pilihan hasil seleksi per desa kelurahan di Gowa ini dilakukan dalam program beasiswa yang bersumber dari APBD Gowa dan dana desa serta dana kelurahan," paparnya.



Pada kesempatan ini pula, orang nomor satu di Gowa ini menyampaikan beberapa program pemerintah daerah yang akan dilaunching pada tahun ini, termasuk meminta masyarakat yang ada di Kecamatan Tinggoncong untuk menanam kembang di sepanjang jalan di Kota Malino.

"Jika ini sudah tumbuh, maka betul-betul bisa mencerminkan Malino sebagai Kota Bunga," paparnya.

Kehadiran Adnan melakukan salat jumatan di Malino itu serangkaian kunjungannya dalam kegiatan tarwih keliling yang dilakukan Pemkab Gowa selama Ramadhan dengan menggilir 18 kecamatan.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)