Jadi Saksi Kasus RS Batua, Wali Kota Makassar Bilang Begini

Senin, 18 April 2022 - 14:04 WIB
loading...
Jadi Saksi Kasus RS Batua, Wali Kota Makassar Bilang Begini
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto tampil menjadi saksi sebagai dalam lanjutan sidang kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Rumah Sakit (RS) Batua tahap I tahun anggaran 2018 di Pengadilan Tipikor pada PN Makassar, Senin (18/4/2022). Foto: Ist
A A A
MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto hadir sebagai saksi dalam lanjutan sidang kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Rumah Sakit (RS) Batua tahap I tahun anggaran 2018 di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Makassar, Senin (18/4/2022).

Di hadapan majelis hakim, Danny Pomanto-sapaan akrabnya, memaparkan kalau secara teknis dirinya tidak mengetahui proses tender hingga pembangunan RS Batua . Ia hanya menerima laporan kalau pembangunan tahap awal mencakup konstruksi bangunan sudah selesai dan dinyatakan rampung.



"Pembangunan Puskesmas Batua tahap I dilakukan dengan tujuan nantinya meningkatkan status Puskesmas menjadi rumah sakit. Intinya adalah peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat Makassar," urai Danny Pomanto .

Dicecar tentang pembangunan yang menurut hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masuk dalam kategori total loss atau dengan kata lain tidak bisa digunakan, Danny Pomanto membantah. Menurut dia sebagai mantan konsultan pembangunan rumah sakit, bangunan rumah sakit yang berdiri saat ini bisa digunakan.

"Kalaupun ada perbaikan pada beberapa bagian, hal yang wajar dan biasa dilakukan dalan sebuah proyek konstruksi. Soal proses awal sampai akhirnya proyek tahap I itu kemudian dinyatakan selesai, secara pribadi saya tidak mengetahui. Tapi, bangunan kami lihat bisa dimanfaatkan," terang Danny Pomanto .

Wali kota berlatar belakang arsitektur ini memaparkan, berdasarkan dokumen yang dirinya terima terkait proyek pembangunan RS Batua , diketahui bahwa proyek pembangunannya bersifat mulltiyears atau tahun jamak, dengan pengertian kontrak pelaksanaan pekerjaannya membebani dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) lebih dari satu tahun anggaran.

Tahun pertama pembangunan RS Batua dengan anggaran Rp25,5 miliar lebih pada tahun 2018 memang hanya difokuskan pada konstruksi awal. Dengan kata lain, pembangunan tahap awal sudah sesuai perencanaan.

Diketahui, untuk kelanjutan pembangunan RS Batua tahap II dalam APBD Makassar ada alokasi anggaran sekitar Rp10 miliar lebih.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)