5 Orang di Bone Terinfeksi Rabies, Warga Diminta Waspada Pelihara Anjing

Selasa, 19 April 2022 - 06:42 WIB
loading...
5 Orang di Bone Terinfeksi Rabies, Warga Diminta Waspada Pelihara Anjing
Masyarakat diminta waspada dan memelihara anjing dengan sehat bebas dari rabies. Foto/Justang Muhammad
A A A
BONE - Kasus rabies atau penyakit anjing gila kembali ditemukan di Kabupaten Bone , Sulawesi Selatan. Lima orang warga Desa Liliriattang Kecamatan Lappariaja, terinfeksi usai terkena gigitan anjing yaitu NR (62), TN (40), SN (40), RY(12), dan IW (4).

Kronologi kejadian tersebut bermula dari NR yang saat itu sedang duduk-duduk di halaman rumahnya, lalu tiba-tiba anjing yang tidak dikenal datang menyerang dan menggigit di bagian tangan kanannya.

Kemudian TH, SN, RY, IW berada tidak jauh dari kejadian gigitan pertama anjing tersebut sehingga mereka pun tergigit pada bagian tangannya.



Selanjutnya, TH digigit di bagian kaki kanan dan tangan kanan, SN digigit di bagian ibu jari tangan kiri, RY digigit di bagian tangan kanan dan IW digigit di bagian pinggang kanan.

Setelah beberapa jam kejadian tersebut, korban gigitan anjing tersebut dibawa ke UGD Puskesmas Lappariaja dan ditangani sesuai dengan SOP gigitan anjing dan diberikan VAR 1 dan 2.

Penemuan kasus tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone drg Yusuf Tolo.

"Ada lima orang warga Desa Liliriattang Kecamatan Lappariaja sehingga Tim dari UPT Puskesmas beserta Dinas Peternakan Kecamatan turun tangan langsung ke lokasi kejadian," kata drg Yusuf Tolo, Senin (18/4/2022).

Oleh karena itu, Plt Dirut RSUD Tenriawaru Bone mengajak semua masyarakat waspada dan memelihara anjing dengan sehat bebas dari rabies .

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4734 seconds (0.1#10.140)