alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Imbau Kualifikasi SDM Laskar Peduli Pajak Diperhatikan

Hasdinar Burhan
Dewan Imbau Kualifikasi SDM Laskar Peduli Pajak Diperhatikan
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar mengimbau kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar memperhatikan kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) terkait dengan rencana pembentukan Laskar Peduli Pajak, khususnya laskar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Ketua Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan, HM Yunus mengatakan sangat mengapresiasi rencana Bapenda tersebut.

Namun, ia mengimbau laskar yang direkrut untuk sektor PBB ini harus berbeda dengan laskar peduli pajak sebelumnya, seperti hotel, restoran, hiburan, dan reklame.

"Laskar yang direkrut harus lebih profesional daripada laskar sebelumnya," ujar legislator Partai Hanura ini, Senin (2/4/2018).

Berbeda dengan Laskar Peduli Pajak untuk Hotel dan Restoran yang memakai sistem self assessment, PBB menggunakan sistem oficcially Assessment, dimana nilainya ditentukan berdasarkan wilayah, yang berbeda berdasarkan nilai tanah dan bangunannya. Adanya taksiran nilai jual objek pajak (NJOP) PBB mengikuti pasaran harga tanah saat ini.

"Ini tentu berbeda dengan Laskar Peduli Pajak sektor hotel dan restoran yang setiap transaksi langsung dipotong sepuluh persen. Jadi, tinggal dilihat berapa transaksi per harinya," jelasnya.

Sekadar diketahui, keberadaan Laskar Peduli Pajak bertujuan untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui penarikan sektor pajak.

Laskar yang mulai berjalan efektif sejak tahun 2017 ini, berjumlah 100 orang menelan anggaran ratusan juta untuk gaji setiap laskar. Pendapatan dari sektor pajak pun meningkat hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Karena itu, Bapenda berencana menambah jumlah laskar yang khusus menyasar sektor pajak bumi dan bangunan.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads