Dua Desa Wisata di Pinrang Lolos 500 Besar ADWI Kemenparekraf 2022

Kamis, 21 April 2022 - 18:05 WIB
loading...
Dua Desa Wisata di Pinrang Lolos 500 Besar ADWI Kemenparekraf 2022
Sebanyak dua desa yakni Desa Wisata Wiring Tasi dan Desa Wisata Lotang Salo dari Kabupaten Pinrang masuk 500 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Foto: Web Jadesta Kemenparekraf
A A A
PINRANG - Setelah melalui tahapan seleksi ketat oleh Kemenparekraf RI, sebanyak dua desa wisata di Kabupaten Pinrang dinyatakan lolos tahap kurasi. Masing-masing yakni Desa Wisata Wiring Tasi dan Desa Wisata Lotang Salo masuk 500 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pinrang , Andi Suyuti, mengatakan keberhasilan dua desa wisata asal Bumi Lasinrang merupakan buah kerja keras lintas sektor. Di antaranya yakni pemerintah, pelaku usaha wisata dan tentunya dukungan dari masyarakat.



"Dari 3.419 desa, kemarin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan ada 500 desa yang kembali akan diseleksi ke tahap selanjutnya. Nah, dua di antaranya dari Kabupaten Pinrang," kata Suyuti.

Pihaknya, kata Suyuti, berharap dua desa perwakilan Pinrang itu kembali lolos pada tahap berikutnya. Selain itu, diharapnya kelak terpilih sebagai desa yang dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.



Digambarkan Suyuti, kedua desa wisata yang lolos ADWI, menawarkan keindahan wisata pantai, dengan fasilitas homestay, restoran, dan resort. "Kita juga fokus melakukan pembenahan dengan berkolaborasi bersama. Mulai dari masyarakat, camat dan kepala desa," tandasnya.

Sebelumnya, pada ADWI 2021, Pantai Salopi yang berlokasi di Desa Binanga Karaeng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, berhasil masuk dalam 300 dalam ADWI. Namun, sayangnya tidak berhasil masuk 50 besar.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)