TOPIK TERPOPULER

Dua Desa Wisata di Pinrang Lolos 500 Besar ADWI Kemenparekraf 2022

Darwiaty Dalle
Dua Desa Wisata di Pinrang Lolos 500 Besar ADWI Kemenparekraf 2022
Sebanyak dua desa yakni Desa Wisata Wiring Tasi dan Desa Wisata Lotang Salo dari Kabupaten Pinrang masuk 500 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Foto: Web Jadesta Kemenparekraf

PINRANG - Setelah melalui tahapan seleksi ketat oleh Kemenparekraf RI, sebanyak dua desa wisata di Kabupaten Pinrang dinyatakan lolos tahap kurasi. Masing-masing yakni Desa Wisata Wiring Tasi dan Desa Wisata Lotang Salo masuk 500 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pinrang, Andi Suyuti, mengatakan keberhasilan dua desa wisata asal Bumi Lasinrang merupakan buah kerja keras lintas sektor. Di antaranya yakni pemerintah, pelaku usaha wisata dan tentunya dukungan dari masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Pinrang Terus Dorong Pengembangan Wisata Pantai

"Dari 3.419 desa, kemarin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan ada 500 desa yang kembali akan diseleksi ke tahap selanjutnya. Nah, dua di antaranya dari Kabupaten Pinrang," kata Suyuti.

Pihaknya, kata Suyuti, berharap dua desa perwakilan Pinrang itu kembali lolos pada tahap berikutnya. Selain itu, diharapnya kelak terpilih sebagai desa yang dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno.

Baca Juga: Pasar Murah Kabupaten Pinrang Hadirkan Pangan Sehat

Digambarkan Suyuti, kedua desa wisata yang lolos ADWI, menawarkan keindahan wisata pantai, dengan fasilitas homestay, restoran, dan resort. "Kita juga fokus melakukan pembenahan dengan berkolaborasi bersama. Mulai dari masyarakat, camat dan kepala desa," tandasnya.

Sebelumnya, pada ADWI 2021, Pantai Salopi yang berlokasi di Desa Binanga Karaeng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, berhasil masuk dalam 300 dalam ADWI. Namun, sayangnya tidak berhasil masuk 50 besar.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!