TOPIK TERPOPULER

Jelang Mudik, Dishub Makassar Lakukan Inspeksi Keselamatan Angkutan Umum

Syamsi Nur Fadhila
Jelang Mudik, Dishub Makassar Lakukan Inspeksi Keselamatan Angkutan Umum
Petugas Dishub di Jawa Timur melakukan ramp check terhadap kendaraan angkutan umum. Di Provinsi Sulsel, pemeriksaan serupa juga mulai dilakukan menjelang arus mudik Lebaran. Foto/Dok SINDOnews

MAKASSAR - Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar mulai melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap kendaraan angkutan umum menjelang arus mudik Lebaran. Hal tersebut digelar sebagai upaya menjaga kenyamanan calon pemudik dan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat kerusakan kendaraan.

Kepala Dishub Makassar, Iman Hud, menuturkan hal ini sudah menjadi instruksi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia setiap menjelang hari raya.

Baca Juga: Dishub Makassar Apresiasi Grab Terapkan Protokol Kesehatan

Tahap awal, ramp check digelar di Terminal Regional Daya. Terdapat 15 armada bus yang diperiksa oleh penguji UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTD-PKB) Dishub Makassar.

Sejumlah pemeriksaan dilakukan, mulai dari pengujian teknis kendaraan hingga kelengkapan administrasi kendaraan. Semuanya untuk memastikan bahwa armada angkutan lulus uji dan layak jalan.

"Pemeriksaan mulai dari mengecek kondisi fisik ban, setir mobil, alat rem, hingga lampu-lampu mobil. Sopir juga diminta untuk memperlihatkan surat-surat kendaraan,” ujarnya.

Iman berharap dengan adanya pengecekan yang dilakukan, maka kendaraan angkutan umum bisa lebih aman dan keselamatan penumpang bisa terjamin.

"Harapan kami angkutan lebaran tahun ini bisa lebih aman, artinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, makanya kesiapan kendaraan ini perlu dicek agar aman dan lancar sehingga keselamatan penumpang bisa terjamin," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Sulsel, Muh. Anis, mengatakan pihaknya baru akan melakukan ramp check pada H-5 Lebaran.

Jika ditemukan kendaraan yang tak layak dalam pemeriksaan, maka kendaraan tersebut dipastikan tak boleh digunakan.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!