Kamsina Harap Program Mandiri Benih Dongkrak Kesejahteraan Petani

Jum'at, 22 April 2022 - 15:27 WIB
loading...
Kamsina Harap Program Mandiri Benih Dongkrak Kesejahteraan Petani
Sekkab Gowa, Kamsina, mengikuti launching program Mandiri Benih, sekaligus penyerahan bantuan benih dan bibit pertanian serta alsintan yang digelar Pemprov Sulsel secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Jumat (22/4/2022). Foto/Dok Pemkab G
A A A
GOWA - Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, Kamsina, mengikuti launching program Mandiri Benih, sekaligus penyerahan bantuan benih padi, bibit kopi dan kakao serta alsintan yang digelar Pemprov Sulsel secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Jumat (22/4/2022).

Kamsina menyambut baik peluncuran program Benih Mandiri, sekaligus penyerahan bantuan benih dan bibit secara gratis. Ia menyebutkan bahwa tentu ini akan membantu petani yang ada di Provinsi Sulsel, khususnya yang ada di Kabupaten Gowa , terkhusus perihal peningkatan kesejahteraan.



“Alhamdulillah kita menyambut baik dengan adanya bantuan bibit padi, kakao dan kopi untuk kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan terutama Kabupaten Gowa ,” ucapnya.

Kamsina menyebutkan adapun bibit yang diterima oleh Kabupaten Gowa yaitu bibit kopi sebanyak 400.000 pohon yang rencana ditanam di sejumlah kecamatan. Di antaranya yakni Tombolopao, Tinggimoncong, Parigi dan Bontolempangan.

Lalu, ada bibit kakao sebanyak 121.000 pohon yang akan di tanam di sejumlah kecamatan. Di antaranya yakni Parangloe, Tinggimoncong, dan Bontolempangan. Selain itu, juga ada penyerahan benih padi sebayak 50 ton untuk lahan 2.000 hektare dan benih jagung 7,5 ton untuk 500 hektare.

“Saya berharap bantuan bibit dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat petani,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengatakan bahwa benih yang dibagikan ini merupakan benih yang diproduksi sendiri oleh Pemprov Sulsel .



“Ini berbeda dari yang sebelumnya, karena sebelumnya kita beli dari produsen. Ini adalah penyediaan benih padi yang pertama kita lakukan, kita tangkar sendiri, yang kita siapkan sendiri dan kita produksi sendiri dan dikemas sesuai standar yang kita miliki,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Sekkab Gowa yakni Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sugeng Priyanto, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Suhriati dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Rieke Susanti.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)