alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Demokrat Sulsel Usung Dua Calon Petahanan di Pilkada Serentak

Muhaimin Sunusi
Demokrat Sulsel Usung Dua Calon Petahanan di Pilkada Serentak
Partai Demokrat Sulsel mengumumkan bakal mengusung dua petahanan pada Pilkada serentak. Foto: Sindonews/Muhaimin

MAKASSAR - Partai Demokrat Sulsel akan mengusung dua kandidat petahana di Pilkada 2020. Keduanya ialah Suardi Saleh di Kabupaten Barru dan Andi Kaswadi Razak di Soppeng.

Alasan Demokrat ingin mengusung Suardi dan Kaswadi lantaran tak ada kandidat lain yang mendaftar selain mereka di daerah tersebut. Keduanya juga sudah mengikuti fit and proper test, yang dilaksanakan oleh tim penjaringan partai beberapa waktu lalu.

Baca Juga: AHY Luncurkan ‘Demokrat Newsletter’, Media Digital Partai Demokrat



Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) DPD Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle mengatakan, pihaknya menjamin akan mengusung Suardi dan Kaswadi. Dikarenakan tak ada kandidat lain yang diusulkan ke DPP selain nama keduanya.

"Ya pasti gitu (jamin) karena dia (Suardi dan Kaswadi) satu-satunya mendaftar ke kita. Kecuali ada kebijakan partai di DPP. Tapi saya kira DPP akan mengharagai kebijakan dari bawah dan tidak mungkin DPP memproses karena kita ini satu rangkaian," kata Selle, Jumat (19/6/2020).

Namun demikian, Selle mengaku pihaknya akan berusaha untuk menyodorkan kader Demokrat untuk digandeng Suardi dan Kaswadi. Sekali pun khusus Kaswadi, Bupati Soppeng itu sudah memilih Lutfi Halide sebagai wakilnya.

"Kita akan lihat prosesnya bagaimana. Kita akan melihat peluang mendorong kader kita sebagai wakil. Dan itu komunikasinya ada di DPP," sebutnya.

Selle membeberkan, pihaknya baru saja menyodorkan nama-nama kandidat calon usungan Demokrat Sulsel ke DPP. Dia mengatakan dari 40 kandidat yang mengikuti penjaringan, tak semua nama yang dikirim.

"Nanti DPP yang sampaikan berapa nama dari Sulsel. Tidak enak kalau kita dahului DPP," ungkap Ketua Komisi A DPRD Sulsel ini.

Sementara itu, Andi Kaswadi sangat berharap dirinya bisa diusung oleh Demokrat. Mengigat pada Pilkada 2015 lalu, dia dan Demokrat berlawanan.

Baca Juga: Balitbang Demokrat Sebut 29 Juta Suara Terbuang jika Ambang Batas Parlemen Dinaikkan

Selain Demokrat, Andi Kaswadi juga membidik empat parpol lainnya untuk segera mengeluarkan rekomendasi pasangan. Keempatnya ialah PDIP, Golkar, Gerindra, dan Demokrat.

"Empat parpol ini yang belum memberikan rekomendasi pasangan buat kami. Kami berharap begitu (segara dikeluarkan)," jelas Andi Kaswadi.



(agn)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak