TOPIK TERPOPULER

Pasar Tani dan Gelar Pangan Barru Bakal Diikuti 4 Daerah

Muhammad Subhan
Pasar Tani dan Gelar Pangan Barru Bakal Diikuti 4 Daerah
Bupati Barru, Suardi Saleh, saar memimpin rapat persiapan pasar tani dan gelar pangan berkualitas di ruang kerjanya, Senin (25/4/2022). Foto/Dok Pemkab Barru

BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru akan menggelar pasar tani dan gelar pangan berkualitas di Alun-alun Colliq Pujie, Kabupaten Barru, pada Rabu-Kamis (27-28/4/2022) mendatang. Kegiatan itu akan diikuti empat daerah, yakni Barru, Parepare, Pinrang dan Sidrap.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Barru, Suardi Saleh, dalam rapat persiapan pasar tani dan gelar pangan berkualitas di ruang kerjanya, Senin (25/4/2022). Turut hadir Sekretaris Kabupaten Abustan, Kepala Badan Ketahanan Pangan selaku koordinator kegiatan serta segenap stakeholder lainnya.

Baca Juga: Pemkab Barru Genjot Produksi Hasil Pertanian

Pasar tani dan gelar pangan di Barru kali ini terbilang istimewa. Musababnya, pelaksanaannya bertepatan dengan momentum menjelang Lebaran Idul Fitri. Di samping itu, kegiatan tersebut akan diikuti daerah lingkup Ajatappareng yakni Barru, Parepare, Pinrang, dan Sidrap.

"Kita adalah zona yang menjadi titik lokus kegiatan dari tiga kabupaten lainnya. Persiapkan dengan sebaik-baiknya, karena ini akan dihadiri oleh masyarakat maka upayakan hal ini diantisipasi, direncanakan, dan sesuaikan dengan permintaan, khususnya berkaitan dengan Lebaran, makin banyak yang disiapkan maka makin bagus," kata Bupati Suardi.

Ia berharap sebisa mungkin mengajak UMKM yang memungkinkan maupun semisal minimarket yang ada di daerah untuk turut serta. Pasar tani dan gelar pangan itu pun akan disaksikan secara virtual oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dan Kapolri, serta menjadi bagian kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah.

Saat ini, sedang dilakukan persiapan yang dianggap perlu untuk memastikan beberapa komoditas yang penting menjelang Lebaran akan tersedia dalam jumlah yang cukup. Di antaranya yakni minyak goreng, daging ayam, telur dan gula pasir.

"Kalau ada tenda untuk gabungan toko retail, libatkan seperti Misi, Diana, 77 atau lainnya, nanti kita buka program sedekah. Antisipasi membeludaknya masyarakat, dan siapkan tempat antrean, ingat bahwa sebisa mungkin tetap tegakkan protokol kesehatan Covid-19," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Barru Komitmen Lanjutkan Misi Penyehatan Lingkungan

Kepala Badan Ketahanan Pangan Barru, Ma'ruf, menyebut daerah yang nantinya datang ke Barru akan membawa serta komoditas unggulannya untuk juga dipamerkan di stan yang telah disiapkan.

"Alhamdulillah, Kabupaten Barru sebagai lokus gelar pangan, dan nanti ada juga komoditas dari kabupaten lain yang dipasarkan. Termasuk dari Pokhpand yang akan bekerjasama untuk menyediakan daging ayam dan telur dalam jumlah banyak," ucap dia.

Turut hadir dan menyampaikan komitmennya untuk sukseskan kegiatan pasar tani dan gelar pangan yakni Kadis Perindag Andi Takdir, Kadis Pertanian Ahmad, delegasi Bulog, dan lainnya.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!