Bupati Luwu Utara Ajak ASN Proaktif Ciptakan Inovasi

Selasa, 26 April 2022 - 12:24 WIB
loading...
Bupati Luwu Utara Ajak ASN Proaktif Ciptakan Inovasi
Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani, mengikuti peringatan Hari Otoda secara virtual dari Aula Lagaligo Kantor Bupati Lutra, Senin (26/4/2022). Foto/Dok Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) menggelar acara puncak Peringatan Hari Otoda XXVI secara virtual. Dalam kesempatan ini, Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani , mengikuti peringatan Hari Otoda secara virtual dari Aula Lagaligo Kantor Bupati Lutra, Senin (26/4/2022).

Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro, dalam sambutannya menyampaikan, otonomi akan menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu percepatan pembangunan daerah.



“Setelah 26 tahun otonomi telah memberi dampak yang positif, salah satunya dibuktikan dengan percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” ungkap dia.

Sementara itu, Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, yang ditemui usai mengikuti puncak peringatan Hari Otoda, mengajak para ASN lingkup Pemkab Lutra untuk proaktif menciptakan inovasi. Selain itu, didorongnya untuk menetapkan nilai berakhlak, sebagaimana tema yang diangkat yakni ’Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045’.

Bupati Indah menjelaskan bahwa ada cita-cita besar yang ingin diwujudkan bersama menyongsong Indonesia Emas 2045. Tentu saja sinergi, kolaborasi dan juga harmonisasi pembangunan antara pusat dengan daerah menjadi hal utama yang harus diprioritaskan.

Dan hal itu, menurut Bupati Indah yang merupakan ketua IKAHI Fisip Unhas tidak lepas dari peran pada ASN di lingkungan Pemkab Lutra. Dengan sikap proaktif, berani memulai untuk menciptakan inovasi dan terobosan baru akan menjadi modal dan kekuatan guna mencapai pemerintahan daerah yang mampu memaksimalkan pelaksanaan otonomi daerahnya.



“Sikap proaktif harus dijadikan kebiasaan baru di lingkungan ASN kita. Dimana proaktif ini biasanya bisa tumbuh jika didahului dengan sikap peka dengan permasalahan lingkungan kerjanya. Yang kemudian dilanjutkan dengan sikap proaktif mencari solusi dan diimplementasikan dalam format inovasi baru,” ajaknya.

Selain Bupati Lutra , hadir pada peringatan puncak hari OTDA yaitu Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, Sekda Luwu Utara, Armiadi serta forkopimda Luwu Utara.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3216 seconds (0.1#10.140)