alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Kenali Sejak Dini, Tanda Kemandulan yang Bisa Kamu Amati Sendiri

Sri S Syam
Kenali Sejak Dini, Tanda Kemandulan yang Bisa Kamu Amati Sendiri
Pernikahanmu sudah berjalan dalam waktu yang cukup lama namun belum dikaruniai keturunan? kemungkinan ada masalah dalam kesehatan reproduksimu. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Pernikahanmu sudah berjalan dalam waktu yang cukup lama namum belum dikaruniai keturunan? kemungkinan ada masalah dalam kesehatan reproduksimu. Kamu bisa cek ke dokter, tetapi sebelum itu deteksi dini bisa juga kamu lakukan sendiri, sebelum menentukan langkah penanganan selanjutnya.

Dilansir dari laman kesehatan, sejumlah gejala ini patut kamu waspadai sebab menjadi tanda kemandulan. Jangan ragu untuk mengenali gejalanya yah, supaya bisa diambil langkah penyembuhan. Baca : Sakit Kepala Sembuh dalam 5 Menit, Tak Perlu Minum Obat

1. Tangan dan Kaki Selalu Dingin
Jika tangan dan kaki kamu selalu dingin, periksalah kadar hormon tiroid secepat mungkin. Tangan dan kaki yang dingin adalah salah satu tanda dari hypotyroidism atau kelenjar tiroid yang kurang aktif. Baca Juga : Cek Ricek, Daftar Potensi Penyakit yang Timbul karena Pikiran Negatif



2. Puting Payudara Berair
Jika kamu tidak sedang hamil atau menyusui seharusnya tidak ada cairan yang keluar dari payudara. Keluarnya cairan dari puting bisa jadi tanda dari suatu kondisi yang disebut hyporprolactinemia.

3. Munculnya Bulu di Wajah
Munculnya bulu di tempat-tempat tak terduga seperti wajah atau kehilangan rambut serta mengalami kebotakan adalah pertanda utama dari PCOS atau polycystic ovary syndrome. Hal ini juga ditandai dengan jerawat dan jadwal menstruasi yang berantakan.

4. Menstruasi Sakit Berlebihan
Normalnya saat datang bulan seorang perempuan tidak perlu mengosongkan jadwalnya karena kesakitan. Jika hal ini terjadi bisa jadi kamu terkena gejala endometriosis. Sakit berlebihan di sini tentunya lebih dari sekadar kram biasa, melainkan rasa sakit yang sangat menganggu hingga tak bisa melakukan aktivitas apapun.

5. Memiliki Riwayat Gonorrhea
Penyakit menular seksual yang cukup umum ini bisa datang diiringi simtom (sensasi terbakar saat buang kecil). Rasa sakit akibat pendarahan di tengah-tengah siklus dan cairan vagina yang tidak normal menjadi penyebab kemandulan.



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak