Pemkab Lutra Serahkan 81 Huntap untuk Penyintas Banjir Bandang

Kamis, 28 April 2022 - 11:35 WIB
loading...
Pemkab Lutra Serahkan 81 Huntap untuk Penyintas Banjir Bandang
Bupati Lutra Indah Putri Indriani secara simbolis menyerahkan 81 huntap kepada para penyintas banjir bandang, bertepatan dengan momen HUT ke-23 Lutra. Foto/Dok Pemkab Lutra
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara ( Pemkab Lutra ) menyerahkan 81 hunian tetap (Huntap) kepada para penyintas banjir bandang. Penyerahan dilakukan bertepatan dengan Hari Jadi Lutra ke-23, Rabu (27/4/2022) kemarin.

Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, mengatakan huntap yang tersalurkan berkat usulan Pemkab melalui BPBD. Di samping itu, berkat upaya dari Anggota Komisi V DPR-RI Dapil Sulsel III, Muhammad Fauzi, dalam memfasilitasi turunnya anggaran pembangunan.



Untuk itu, Bupati Indah meminta agar para penyintas segera menghuni huntap tersebut. Terlebih huntap yang diserahkan juga dapat dibenahi.

"Sebagai ucapan terima kasih dan rasa syukur kita kepada pemerintah, saya harap semua yang sudah dapat huntap untuk segera dihuni. Kalau pun mau dibenahi atau ditambah bangunannya, silahkan dengan catatan tidak boleh mengambil lahan jalan, luas hunian tetap adalah 8x13," ungkap dia.

Orang nomor satu di Lutra ini juga meminta percepatan pembangunan huntap yang tersisa. Termasuk penyaluran dana stimulan bagi penyintas kategori rusak sedang dan rusak ringan agar bisa diselesaikan tahun ini.

"Saya harap sisanya dapat kita kebut kembali sebelum berganti tahun, termasuk penyaluran dana stimulan penyintas rumah rusak sedang dan rusak ringan dapat kita selesaikan," benernya.

Tidak hanya penyerahan huntap, masih dalam rangkaian HUT ke- 23 Lutra, pemerintah daerah melalui Dinas Sosial juga menyerahkan bantuan sosial dalam rangka Penanganan Penyandang Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Bantuan tersebut diserahkan kepada lansia pra-sejahtera sebanyak 100 orang, gelandang dan pengemis sebanyak 14 orang, penyandang disabilitas sebanyak 38 orang dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak sebanyak 7 lembaga.



Turut hadir Anggota Komisi V DPR-RI Muhammad Fauzi, Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, Sekretaris Daerah Armiadi, Unsur Forkopimda, pimpinan perangkat daerah, dan para camat.

Diketahui perayaan HUT ke-23 Lutra digelar secara sederhana dengan Doa Bersama di Aula La Galigo Kantor Bupati, dengan menghadirkan anak yatim dan lansia. Adapun rapat paripurna akan dilaksanakan pada Mei mendatang dihadiri Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)