alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Sulsel Desak BPK Audit Proyek Pembangunan Infrastruktur

Syachrul Arsyad
DPRD Sulsel Desak BPK Audit Proyek Pembangunan Infrastruktur
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi E DPRD Sulsel meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit investigasi terhadap proyek pembangunan infrastruktur di Sulsel.

Alasan munculnya desakan tersebut karena dinilai pembangunan proyek Pemprov Sulsel bermasalah. Banyak ditemui kegagalan, seperti sebelum pelaksanaan, bahkan setelah penyelesaian.

Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Kadir Halid menjelaskan, ada tiga proyek infrastruktur yang diminta untuk diaudit. Diantaranya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji, RSUD Haji, dan Stadion Barombong.



“Dalam rapat dengar pendapat yang tekah dilakukan, kami menyimpulkan, ketiga proyek infarstruktur tersebut tidak beres. Harus dilakukan pemeriksaan. Suratnya Komisi E sudah dikirimkan ke pimpinan DPRD," tutur Kadir kepada KORAN SINDO.

Sebelumnya Kadir menjelaskan, timnya juga sudah melakukan peninjauan langsung ke proyek infrastruktur yang dimaksud. Dalam pemantauannya, ia mengaku, pengerjaan amburadul.

Menurutnya, banyak kerusakan terjadi ditemukan dalam proyek tersebut, padahal baru beberapa hari selesai pekerjaan. “Ada perusahaaan hanya dipinjam. Ada yang menang tender perusahaan, tapi tidak ada karyawannya. Itu kan melanggar undang-undang konstruksi itu," tegasnya.

Karena itu, lanjut dia, BPK harus menelusuri ini berdasarkan temuan Komisi E. Dia juga meminta agar Inspektorat bisa turun tangan. Tanpa diminta, ungkapnya, seharusnya inspektorat sudah lebih dulu melakukan  pemeriksaan. “Apa yang harus diaudit? Surat adminsitrasinya, kedua hal teknisnya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Sulsel, Lutfie Natsir mengaku, selain BPK, pihaknya juga bisa turut membantu dalam melakulan audit investasi pada proyek infrastruktur tersebut.

Hanya saja, ujarnya, inspektorat bisa melakukan pemeriksaan jika ada permintaan. “Kalau pemeriksaan investigasi atas permintaan instansi. Kalau namanya audit investigasi itu kalau ada permintaan," beber Lutfie saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel.

Dia pun mengklaim, auditor Inspektorat Sulsel terbaik se-Indonesia. Lutfie menjamin, dalam melakukan audit atau pemeriksaan, timnya independen.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook