PKK Sulsel Ajak Warga Tanam Talas Satoimo di Pekarangan Rumah

Sabtu, 20 Juni 2020 - 22:10 WIB
loading...
PKK Sulsel Ajak Warga Tanam Talas Satoimo di Pekarangan Rumah
Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin di sela-sela penanaman talas satoimo di GOR Sudiang, beberapa waktu lalu. Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Tim Penggerak PKK Sulsel mengajak sekaligus akan mengajari warga cara menanam talas satoimo di pekarangan rumah mereka. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan komoditi ekspor ini kepada masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin, saat mengunjungi mengunjungi pabrik pengolahan talas satoimo, PT Tridanawa Perkasa Indonesia (TPI) Makassar, Sabtu (20/6/2020).

Diketahui, talas satoimo merupakan komoditi ekspor Sulsel yang banyak dikirim ke Jepang. Tanaman ini bisa dikembangkan di pekarangan rumah. Talas satoimo juga baik untuk dikonsumsi karena tinggi protein dan kolagen, serta dapat menjadi panganan penunjang kebutuhan masyarakat.

Dalam kunjungannya, Lies melihat langsung proses pengolahan talas yang dilakukan buruh pabrik. Mulai dari proses pembersihan, pemotongan, hingga pengeringan. Hasil olahan talas ini banyak diekspor ke Negara Jepang.

Lies menuturkan pengembangan talas satoimo merupakan salah satu cita-cita Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Talas ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

“Yang terpenting dari pengembangan talas ini, adalah cara penanaman yang benar. Satu hektare itu bisa menghasilkan seratus juta rupiah, ini akan sangat luar biasa bagi petani,” ujarnya.



Lies menyarankan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sulsel, Andi Ardin Tjatjo, agar memanfaatkan lahan yang ada di Puca’ Maros, untuk lokasi penanaman talas satoimo. Ia pun berencana memperkenalkan talas satoimo kepada warga agar ditanam di pekarangan.

“Kita bisa memperkenalkan ini ke masyarakat, menjadikan talas satoimo ini sebagai tanaman pekarangan. Setelah dicoba, pasti mereka suka. Karna ini makanan sehat dan enak,” tuturnya.

Ia menambahkan, PKK saat ini mengembangkan tanaman talas satoimo. Tanaman yang juga dikenal dengan nama talas tikus ini punya antioksidan tinggi, juga mengandung kolagen yang tinggi.

“Di Jepang, selama saya di sana. Saya melihat mereka tiap hari makan talas. Sangat baik untuk kesehatan karena antikanker. Makanya kita mulai menanam, hingga ke tahap pengolahannya menjadi tepung, ini kita mau perkenalkan ke masyarakat,” jelasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)