Waspada 5 Penyakit yang Mengintai Setelah Libur Lebaran

Senin, 09 Mei 2022 - 08:07 WIB
loading...
Waspada 5 Penyakit yang Mengintai Setelah Libur Lebaran
Salah satu penyakit yang mengintai usai libur lebaran adalah kolesterol. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Perayaan Idul Fitri identik dengan berkumpul bersama keluarga dan menikmati makan bersama. Kebiasaan itu kadang membuat kita lupa untuk menjaga pola makan sehat yang selama ini diterapkan. Tak hanya itu, makanan khas lebaran biasanya manis, atau hidangan penuh cita rasa gurih bersantan dengan lemak.

Makanan ini pun bisa menimbulkan penyakit jika menyantap kuliner lezat tak bisa dibendung. Apa saja kondisi kesehatan yang wajib diwaspadai setelah lebaran?

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI-Jakarta (PDGKI-Jaya) dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK, M.Kes (K), FINEM menuturkan kepada Antara, lima kondisi kesehatan yang bisa muncul akibat nafsu makan yang tak bisa dikendalikan setelah selesai berpuasa.



1. Peningkatan gula darah

Kue-kue lebaran yang manis dan mengandung gula boleh dikonsumsi, asal tidak berlebihan, sebab berpotensi meningkatkan gula darah . Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah mengingatkan untuk mengendalikan diri selepas puasa ketika melihat deretan kue-kue manis yang menggiurkan.

2. Peningkatan kadar kolesterol dan lemak darah

Mengonsumsi secara berlebih makanan yang tinggi lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol dan lemak darah. Maka, jangan kalap begitu melihat makanan yang serba santan, daging, gorengan dan hidangan-hidangan creamy.

3. Asam urat naik

Hati-hati dengan menu berisi daging jeroan dan yang berisi kaldu gurih, apalagi dengan tambahan emping. Makanlah secukupnya, jangan berlebihan, pesan Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)