alexametrics
TOPIK TERPOPULER

De Gea Masuk Jajaran Kiper Terburuk di Liga Primer Inggris

M Mirza
De Gea Masuk Jajaran Kiper Terburuk di Liga Primer Inggris
Kiper Manchester United David de Gea. Foto: Istimewa

MANCHESTER - Kiper Manchester United David de Gea mendapat sorotan tajam, karena kerap melakukan kesalahan fatal saat tampil di lapangan, hingga membuatnya masuk dalam jajaran kiper terburuk di Liga Premier Inggris.

Hal ini membuat Manchester United (MU) nampaknya perlu mencari kiper baru pada bursa transfer musim panas.

Beberapa tahun lalu De Gea dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Tapi, kini tidak lagi. Soalnya, dia paling banyak melakukan blunder dibanding koleganya.

Buruknya kinerja mantan pemain Atletico Madrid itu tersaji saat MU meladeni Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Primer di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (20/6). De Gea gagal membendung tendangan Steven Bergwijn yang berujung gol tuan rumah pada menit ke-27.

Baca Juga: Mourinho: Spurs Tak Bisa Bersaing Dengan Klub Lain di Bursa Transfer

Beruntung MU bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Bruno Fernandes dari titik putih dimenit ke-81. Meski demikian, itu tidak mengurangi kritikan kepada De Gea. Sebab, dia sudah melakukan tujuh kesalahan fatal selama dua musim terakhir di kompetisi domestik.

Menurut statistik blunder tersebut terjadi dalam 67 pertandingan di Liga Primer. Itu setara dengan Martin Dubravka (Newcastle United) dan Jordan Pickford (Everton). Tapi, jika membandingkan harga, gaji serta klub yang dibela, De Gea ada di posisi atas dalam daftar ini.

Di posisi empat ada penjaga gawang Arsenal, Bernd Leno yang baru saja mengalami cedera lutut saat dikalahkan Brighton & Hove Albion 1-2. Dia juga melakukan tujuh kesalahan dari 61 laga. Sedangkan Asmir Begovic (AFC Bournemouth) mencatat lima blunder dari 24 partai Liga Primer.

Ikut masuk daftar kiper terburuk Liga Primer tentu saja menjadi peringatan bagi De Gea. Sebab, hal ini tidak sebanding dengan fasilitas yang didapatnya di Old Trafford, yakni gaji sebesar 375 ribu poundsterling per pekan.

Salah satu blunder De Gea ketika bentrok Watford pada Desember lalu. Dia menjatuhkan bola yang berujung gol bagi lawan. Lalu, kala melawan Everton pada Maret . Saat itu Dominic Calvert-Lewin berusaha masuk kotak penalti, De Gea buru-buru menendang bola.

Namun, bola malah membentur Calvert-Lewin dan memantul lagi ke dalam gawang MU. Ini membuat The Red Devils ingin memulangkan lagi Dean Henderson yang musim ini dipinjam ke Sheffield United sebagai calon penggantinya.

Baca Juga: Bruno Fernandes Tak Sabar Berduet dengan Paul Pogba



(agn)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak