Unhas Maksimalkan Persiapan Jelang Pelaksanaan UTBK

Selasa, 10 Mei 2022 - 19:43 WIB
loading...
Unhas Maksimalkan Persiapan Jelang Pelaksanaan UTBK
Jelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), Universitas Hasanuddin terus memaksimalkan persiapan. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Jelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), Universitas Hasanuddin terus memaksimalkan persiapan.

Ketua Panitia Pusat UTBK Unhas , Prof Muh Restu menjelaskan bahwa, pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Kendati demikian, panitia tetap perlu mengadakan pemeriksaan terkait kesiapan, baik teknis maupun non teknis.



“Kami perlu memastikan seluruh elemen kepanitiaan telah melaksanakan tugas dan fungsinya, terutama untuk memastikan proses UTBK-SBMPTN nanti dapat berjalan tanpa kendala, tidak ada kecurangan, dan seluruh pihak yang terlibat mengetahui peran dan tanggung jawabnya,” ucap Restu.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2022 akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia. Gelombang pertama akan berlangsung pada 17-23 Mei 2022, dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Unhas sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh LTMPT akan mengelola ujian bagi 24.765 peserta, yang akan menggunakan 985 komputer. Ujian berlangsung di Kampus Tamalanrea menggunakan 780 komputer pada 5 lokasi, dan Kampus Gowa sebanyak 205 komputer pada 5 lokasi. Panitia UTBK Unhas pun telah menyiapkan 37 ruangan ujian.

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK Unhas, Dr Eng. Wardi menjelaskan, hingga saat ini kesiapan telah hampir maksimal. Laporan dari masing-masing bagian kepanitiaan, secara umum tidak ditemukan kendala berarti.

"Masing-masing bagian kepanitiaan memberikan laporan terkait kesiapan tenaga pengawas yang akan diturunkan, distribusi dokumen-dokumen ujian, kesiapan papan informasi dan penunjuk lokasi, kebutuhan perlengkapan di setiap ruangan, hingga kesiapan dukungan listrik dan pengamanan," jelasnya.

Khusus untuk pengamanan jalannya ujian, kata Wardi, pihaknya akan menerapkan pengawasan berlapis. "Kami sudah mengidentifikasi titik-titik mana saja yang potensial terjadinya kecurangan sehingga kami akan mengoptimalkan pemantauan pada titik-titik tersebut,” tuturnya.



Rencananya, Pusat UTBK Unhas akan melaksanakan sosialisasi pengawas sebagai bagian dari proses persiapan pelaksanaan UTBK-SBMPTN, pada hari Rabu (11/5/2022) mulai pukul 10.00 WITA secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2635 seconds (0.1#10.140)