TOPIK TERPOPULER

PUPR Gowa Godok Aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang

Herni Amir
PUPR Gowa Godok Aplikasi Sistem Informasi Tata Ruang
Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina. Foto: SINDOnews/Herni Amir

GOWA - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gowa akan membuat Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU). Inovasi ini ditarget berfungsi pada bulan Oktober mendatang.

Kepala Dinas PUPR Gowa, Rusdi Alimuddin mengatakan, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam pelaksanaan penataan ruang, terwujudnya optimalisasi monitoring, evaluasi dan pengendalian pemanfaatan ruang.

Baca juga: Realisasi Kinerja SKPD Maksimal, DPRD Apresiasi LPKJ Bupati Gowa



Tujuan lainnya, mewujudkan sistem informasi tata ruang yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat dan dunia usaha. Serta, meyediakan layanan pengaduan berbasis online terhadap penyimpangan pemanfaatan ruang.

“Aplikasi SIMTARU ini bisa diakses oleh masyarakat umum. Insyaallah sudah bisa diakses pada bulan Oktober mendatang. Sekarang sementara tahap pengumpulan data melalui kegiatan seminar,” ujar Rusdi.

Rusdi menyebutkan, beberapa fitur dan halaman pada aplikasi ini yaitu Home Page, halaman yang ditampilkan ketika pertama kali pengunjung mengakses website SIMTARU Kabupaten Gowa.

Profil, yang menampilkan informasi visi dan misi SIMTARU Kabupaten Gowa. Regulasi, menampilkan daftar file regulasi yang berkaitan dengan tata ruang Kabupaten Gowa.

Baca juga: Adnan Harap Ujian Sekolah Tingkat SD Berjalan Lancar

Kemudian fitur pengaduan dan rekomendasi. Halaman ini berisi form untuk pengunjung mengadukan setiap pelanggaran tata ruang dan merekomendasikan tentang tata ruang di Kabupaten Gowa. Fitur Peta yang menampilkan informasi tata ruang Kabupaten Gowa dalam tampilan peta.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!