Kejahatan Jalanan Marak, Kapolda Sulsel Instruksikan Penindakan Beri Efek Jera

Kamis, 12 Mei 2022 - 16:13 WIB
loading...
Kejahatan Jalanan Marak, Kapolda Sulsel Instruksikan Penindakan Beri Efek Jera
Kejahatan jalanan di Sulsel, seperti aksi begal dan geng motor kembali marak terjadi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Kapolda Sulsel, Irjen Nana Sudjana , memberikan atensi khusus terkait kembali maraknya kejahatan jalanan di wilayah hukumnya. Mulai dari aksi balap liar, tawuran hingga aksi begal, yang tentunya mengusik rasa aman dan nyaman dari masyarakat.

Orang nomor satu di Polda Sulsel itu telah menginstruksikan jajarannya agar menindak tegas para pelaku kejahatan jalanan, semisal pelaku pemanahan maupun orang yang kedapatan membawa ketapel alias busur. Hal itu juga sekaligus merespons maraknya aksi teror geng motor, dimana pelaku kerap memanah warga di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar.



"Saya atensikan kepada jajaran Polres dan Polsek untuk tegas, baik yang membawa busur ataupun pelaku pembusuran, baik itu individu maupun mereka yang melakukan secara berkelompok. Untuk jajaran Polres dan Polsek, saya perintahkan untuk tindak agar mereka mendapatkan efek jera," kata Nana, Kamis (12/5/2022).

Meski demikian, Nana mengaku cukup dilema. Musababnya, para pelaku kejahatan jalanan , seperti aksi pemanahan didominasi anak baru gede alias ABG. Meski mereka kebanyakan berstatus anak di bawah umur, tapi tindakan mereka jelas melanggar hukum.

"Hal ini tentunya sangat disayangkan, dikarenakan banyak orang tidak bersalah yang bisa menjadi korban akibat perbuatan mereka," ujarnya.

Kapolda berharap Pemkot Makassar maupun Pemprov Sulsel serta masyarakat lebih proaktif dalam memberantas teror geng motor. Selain itu, peran orang tua juga penting dalam memberikan edukasi kepada anak agar tidak terlibat tindakan yang melanggar hukum.

"Tentunya peran orang tua adalah faktor utama, karena jika sudah berhadapan dengan kepolisian, maka kami pastikan tidak ada ampun buat mereka yang sudah mengganggu keamanan dan ketertiban," kata Nana.

"Laporkan segera jika mengetahui ada aktivitas pembuatan busur atau pelaku pembusuran di wilayah masing-masing," sambung jenderal bintang dua ini.

Sekadar diketahui, dalam kurun sebulan ada berbagai tindakan kejahatan jalanan terjadi di Sulsel. Semisal teror geng motor Anti Gores di Gowa, dimana kepolisian setempat telah mengamankan tujuh pelaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7539 seconds (0.1#10.140)