Gowa Jadi target Safari Gemarikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

Minggu, 21 Juni 2020 - 17:30 WIB
loading...
Gowa Jadi target Safari Gemarikan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI
Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama anggota DPR RI melakukan safari gemarikan di Kabupaten Gowa. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bekerja sama Komisi IV DPR RI menjadikan Kabupaten Gowa sebagai target safari gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan).

Pemberian bantuan makanan berupa hasil olahan ikan ini sebagai upaya untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan demi mencegah penularan COVID-19 dan mencegah stunting, yang tersebar di 110 titik lokasi di 21 di provinsi se-Indonesia.

Sekda Gowa, Muchlis menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Gowa dalam program safari gemarikan. Program ini dianggap tepat, apalagi saat-saat sekarang di tengah pandemi COVID-19 yang membuat banyak masyarakat ikut terdampak.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Gowa menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas bantuan yang telah diberikan, kami yakin dengan adanya bantuan dan program ini, kelompok-kelompok yang marjinal dan miskin dapat terbantu,’’ ungkapnya saat menerima rombongan safari gemarikan.



Safari Gemarikan ini berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa yang dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR RI, Azikin Solthan, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Muchlis, Kasubdit Pemetaan Pasar dan Akses Dalam Negeri Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Harun AS, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gowa, Masykur Mansyur beserta jajarannya.

"Pemerintah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Gowa kembali menata dan memotivasi para masyarakat juga pelaku UMKM untuk melakukan budi daya perikanan termasuk pengolahan ikan. Sehingga pencapaian dan sasaran serta target dari safari gemarikan saya kira akan memperoleh hasil yang lebih signifikan lagi,’’ ujar Sekda Gowa.

Adapun bantuan yang diberikan hari ini berupa makanan hasil dari olahan ikan sebayak 500 paket yang terdiri dari bakso ikan, otak-otak ikan, abon ikan serta beberapa olahan ikan lainnya yang diproduksi oleh UMKM Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Azikin Solthan menyampaikan bahwa ada dua kabupaten di Sulsel yang telah ia usulkan masuk dalam program ini, yakni Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bantaeng.

”Kami berharap dengan gemar makan ikan ini, masyarakat jadi terbiasa mengonsumsi ikan karena ikan adalah salah satu asupan makanan yang memiliki protein tinggi dan dapat mencegah gizi buruk atau stunting,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)