Waspada Hepatitis Akut, Pengawasan Jajanan Anak Diperketat

Jum'at, 13 Mei 2022 - 18:32 WIB
loading...
Waspada Hepatitis Akut, Pengawasan Jajanan Anak Diperketat
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, memperketat pengawasan terhadap jajanan anak-anak menyusul munculnya penyakit Hepatitis Akut misterius. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, memperketat pengawasan terhadap jajanan anak-anak menyusul munculnya penyakit Hepatitis Akut misterius.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso menuturkan, pihaknya bakal melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, untuk memastikan jajanan yang dikonsumsi siswa higenis dan sehat.

"Saya Insyallah akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, terutama TK dan SD karena ini yang usia rawan," katanya.



Bachtiar menyebut, dirinya sudah memerintahkan kepala bidang untuk menyusun tim yang akan terjun melakukan pengawasan. Diupayakan, kunjungan dilakukan dengan tenang agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat.

"Kami juga harus hati-hati agar masyarakat tidak panik melihat gerakan dari orang-orang kesehatan. Kita upayakan smooth, pelan-pelan," bebernya.

Di samping itu, lanjut dia, pengawasan di daerah perbatasan juga akan dilakukan. Bukan hanya bandara dan pelabuhan, melainkan daerah perbatasan yang menjadi akses darat antar provinsi .

"Makanya saya istilahkan pengetatan pintu masuk dan pintu keluar. Tidak harus bandara dan pelabuhan, tapi juga akses darat baik di perbatasan Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah," jelas dia.

"Saya akan bicara lanjut dengan kepala dinas kesehatan Pinrang dan Luwu Timur, kalau memang memungkinkan, kami bentuk semacam posko supaya paling tidak ada kewaspadaan dini," pungkas Bachtiar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin mengatakan, pihaknya belum memberi izin kepada pihak sekolah untuk membuka kantin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9182 seconds (0.1#10.140)