TOPIK TERPOPULER

Lelang Direksi BUMD Makassar Dibuka Pekan Depan, Penjabat Sementara Boleh Ikut

Syamsi Nur Fadhila
Lelang Direksi BUMD Makassar Dibuka Pekan Depan, Penjabat Sementara Boleh Ikut
Seleksi terbuka lelang jabatan direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Makassar bakal dibuka pekan depan. Foto/Ilustrasi

MAKASSAR - Seleksi terbuka lelang jabatan direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Makassar bakal dibuka pekan depan. Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, mengatakan pengumuman pembukaan seleksi sudah bisa dilakukan pada Selasa, 17 Mei 2022 mendatang.

"Selasa pekan depan dibuka. Senin kan libur," ucap Danny, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Kinerja 4 BUMD Makassar Belum Optimal, Wali Kota Akan Evaluasi Direksi



Danny menuturkan, siapa saja bisa mengikuti seleksi ini sepanjang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Termasuk penjabat (Pj) yang saat ini menjabat, juga diperbolehkan mendaftar.

"Yang menjabat sekarang juga kalau mau maju, silakan. Daftar langsung saja, tidak perlu berhenti karena tidak boleh ada kekosongan jabatan di BUMD," jelasnya.

Saat ini, Danny mengaku tengah menyusun panitia seleksi. Rencananya, akan ada 7 pihak yang dilibatkan, di antaranya akademisi, kalangan profesional, unsur pemerintah, unsur masyarakat, non-government organization (NGO) anti korupsi, dan unsur profesional air.

Adapun persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar, lanjut Danny, sudah termaktub jelas dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah.

"Semua kriterianya ada dalam PP. Khusus untuk PDAM, perlu sertifikat kompetensi air," ungkapnya.

Berdasarkan PP tersebut, calon direksi harus memenuhi sejumlah persyaratan, yakni sehat jasmani dan rohani memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!