Teras Dukcapil Permudah Kepengurusan Dokumen Kependudukan Warga Lutim

Minggu, 15 Mei 2022 - 09:23 WIB
loading...
Teras Dukcapil Permudah Kepengurusan Dokumen Kependudukan Warga Lutim
Teras Dukcapil untuk mempermudah administrasi kependudukan terutama warga yang berada jauh dari ibu kota kabupaten. Foto: Istimewa
A A A
LUWU TIMUR - Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Luwu Timur telah meluncurkan satu inovasi dalam memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Dimana inovasi tersebut, yakni Inovasi "Teras Dukcapil" untuk mempermudah administrasi kependudukan termasuk warga yang berada jauh dari ibu kota kabupaten.



Kepala Bidang Catatan Sipil (Capil), Rosmala Dewi mengatakan, melalui inovasi tersebut semua bentuk administrasi kependudukan dilayani di Teras Dukcapil ini.

"Jadi semua jenis administrasi kependudukan kita layani. Mulai dari KK, KTP, surat pindah, KIA, akta lahir, akta mati, hingga akta perkawinan," ujar Rosmala.

Dijelaskan Rosmala, pelayanan dokumen kependudukan ini diharapkan dapat mencairkan suasana kejenuhan warga dalam menunggu pengurusan dokumennya selesai.

"Pelayanan ini kami lakukan agar dapat meringankan warga dalam pengurusan dokumen kependudukan tanpa harus datang ke kabupaten," Kata dia.

Jadi, kata Rosmala, hal ini memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan yang terhalang dengan faktor jarak, waktu dan biaya.

Rosmala menambahkan bahwa layanan Teras Dukcapil itu akan dilaksanakan paling tidak tiga kali dalam sebulan.

"Dan yang kami utamakan untuk didatangi ialah desa yang jarak tempuhnya jauh dari ibu kota kabupaten, Malili," ujarnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)